460 Ekor Anjing Peliharaan di Barong Tongkok Divaksin Gratis

Proses vaksin gratis ini dilakukan oleh Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar drh Ni Luh Sumaniartini, dengan menyuntik anjing milik warga

460 Ekor Anjing Peliharaan di Barong Tongkok Divaksin Gratis
TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIAWAN
Dokter hewan Ni Luh Sumaniartini bersama Seksi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar melakukan vaksinasi anjing di Kelurahan Barong Tongkok. 

TRIBUNKALTIM.CO,  SENDAWAR - Ratusan anjing di Kelurahan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat ( Kubar) Kamis 20/6/2019 divaksin gratis oleh Pemkab Kubar melalaui Dinas Pertanian. 

Langkah itu dilakukan untuk menekan angka penularan penyakit rabies di Kubar, yang ditularkan oleh hewan peliharaan

Proses vaksin gratis ini dilakukan oleh Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar drh Ni Luh Sumaniartini, dengan cara menyuntik anjing milik warga satu persatu di rumahnya.

“ Hari ini kita berhasil mevaksin 460 ekor anjing milik warga, jumlah tersebut melebihi target sebelumnya yang hanya 440 ekor, hal ini lantaran animo masyarakat Kubar sangat baik merespons kegiatan vaksin ini,” jelas Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar drh Ni Luh Sumaniartini, usai melakukan vaksin sore tadi.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar drh Ni Luh Sumaniartini menjelaskan, berdasarkan data Populasi hewan pembawa rabies seperti Anjing, Kucing dan Kera di Kubar tahun 2018 terdapat 22,251 ekor hewan itu yang tersebar pada 190 Kampung dan Empat Kelurahan di 16 Kecamatan se Kubar.

Sementara di tahun 2019 Kubar mendapatkan 6000 dosis Vaksin Rabies dari APBN, sedangkan pada APBD2 dialokasikan 2000 dosis, sehingga tahun 2019 di Kubar terdapat 8000 dosis untuk Vaksin Rabies.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar drh Ni Luh Sumaniartini menjelaskan, tahun 2018 Kubar mendapatkan 8000 dosis dari APBN itu belum termasuk APBD2 , jumlah tersebut saja masih dirasakan kurang mengingat jumlah populasi di Kubar sebanyak 22,251.

”Sebenarnya untuk seluruh Kaltim sejak tahun 2017, Kubar mendapatkan realisasi/jatah dosis vaksin terbanyak dari APBN dibandingkan kabupaten lain, jika Kubar mendapatkan 6000 dosis maka kabupaten lainnya hanya mendapatkan 1000-2000 saja paling banyak, Kubar diprioritaskan secara berturut-turut oleh Provinsi,” kata Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar drh Ni Luh Sumaniartini.

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kubar drh Ni Luh Sumaniartini berharap pada tahun 2020 dosisnya bisa ditambah mengingat jumlah populasi di Kubar cukup besar.

Baca Juga;

Halaman
123
Penulis: Febriawan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved