Kronologi Kebakaran Pelabuhan Speed Penajam, hingga Tiga Unit Speedboat Hangus Terbakar

Kebakaran besar Pelabuhan Speed Penajam di Penajam Paser Utara menghanguskan 5 bangunan warung, yang 2 diantanya dihuni tetap dan bengkel speedboat

Kronologi Kebakaran Pelabuhan Speed Penajam, hingga Tiga Unit Speedboat Hangus Terbakar
TribunKaltim.co / Heriani
Kebakaran yang melanda Pelabuhan Speed Penajam pagi hari tadi, kebakaran terjadi saat warga melaksanakan Sholat Ied, Minggu (11/8/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Pagi hari tadi, warga dihebohkan dengan peristiwa kebakaran yang terjadi di dermaga Pelabuhan Speed Penajam Paser Utara (PPU).

Peristiwa terjadi saat umat muslim tengah melaksanakan ibadah sholat Idul Adha 1440 Hijriah, Minggu (11/8/2019).

Ratusan warga yang tinggal dikawasan Jalan Proklamasi RT 08, Kelurahan Penajam maupun pengunjung pelabuhan speedboat, kapal kelotok maupun kapal Fery berkumpul menyaksikan kebakaran itu.

Diketahui kebakaran besar Pelabuhan Speed Penajam menghanguskan 5 bangunan warung, yang 2 diantanya dihuni tetap dan satu bengkel speedboat.

Informasi yang dihimpun, pemicu api diduga berasal dari warung bangunan ujung kanan yang sudah empat hari ditinggal pemiliknya.

Kebakaran terjadi pukul 07.50 Wita, disaat sebagian besar penghuni melaksanakan ibadah Sholat Ied.

Kebakaran yang melanda Pelabuhan Speed Penajam pagi hari tadi, kebakaran terjadi saat warga melaksanakan Sholat Ied
Kebakaran yang melanda Pelabuhan Speed Penajam pagi hari tadi, kebakaran terjadi saat warga melaksanakan Sholat Ied (TribunKaltim.co / Heriani)

Menurut keterangan Kasubid Logistik dan Peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Penajam Paser Utara (PPU), Hj Nurlaila, api pertama kali dilihat oleh warga yang sedang melintas.

Warga lain yang ada disekitar tempat kejadian perkara (TKP) langsung berbondong-bondong menghalau api secara manual.

Akibat konstruksi bangunan yang bermaterial kayu, dalam hitungan menit merambat ke bangunan warung laim hingga badan jembatan.

"Dari musibah tersebut, selain dermaga speedboat dan 5 bangunan kios, tiga unit speedboat yang kondisinya sedang diparkir, bengkel beserta peralatannya berupa 7 unit mesin serta pangkalan ojek juga habis dilalap api," katanya.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved