Ibu Kota Pindah

Ahok, Hoax dan Ibukota Baru

ISU paling santer berhembus sejak selesai Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yakni pemindahan ibukota negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan.

Ahok, Hoax dan Ibukota Baru
HO
DR. Pitoyo. MKom, Praktisi Media dan Pemerhati Komunikasi Antaramanusia 

Oleh: Dr. Pitoyo, M.IKom
Praktisi Media dan Pemerhati Komunikasi Antarmanusia

TRIBUNKALTIM.CO - ISU paling santer berhembus sejak selesai Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yakni pemindahan ibukota negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan.

Belum jelas Kalimantan, Provinsi Kalimantan Tengah atau Kalimantan Timur yang menjadi pilihan Presiden Joko Widodo.

Namun, isu makin terdengar santer bahwa ibukota negara tidak akan di Jakarta lagi setelah Presiden mengunjungi dua lokasi yakni Balikpapan (Kaltim) dan Palangkaraya (Kalteng) pada Juni 2019 lalu.

Pemindahan ibukota negara ini menjadi isu di media massa bukan hanya era Presiden Joko Widodo, namun Bapak Pendiri Bangsa Ini, Ir Soekarno sudah pernah mewacanakan agar ibukota negara tidak lagi di Jakarta, namun di Kalimantan Tengah.

Pertimbangannya, tentu agar kekuatan ekonomi dan pertumbuhan penduduk tidak terpusat di Jakarta atau Jawa, namun juga merata di seluruh Indonesia.

Pemerataan pembangunan itu akan terwujud bila pemerintahan tidak terkonsentrasi di Jakarta.

Presiden Soeharto juga pernah mewacanakan memindahkan ibukota Jakarta ke Jonggol, Jawa Barat, atau sekitar 50 km dari DKI Jakarta. Namun wacana itu tidak pernah berlanjut hingga Presiden Soeharto turun dari tahtanya saat reformasi 1998.

Pemindahan ibukota ini juga didasari pemikiran untuk mengurangi beban lalu lintas di kota Jakarta, serta membangun daerah baru dengan penataan yang lebih baik.

TINJAU TAHURA - Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Sejumlah Menteri, Pejabat Pemprov dan Bupati Kukar  melihat peta lokasi Tahura Bukit Soeharto di titik KM 35 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (7/5). Kedatangan Presiden Joko Widodo beserta rombongan untuk melihat lahan yang ditawarkan Pemprov Kaltim sebagai lokasi Ibukota Negara yang baru. 
(TribunKaltim.co/FACHMI RACHMAN)
TINJAU TAHURA - Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Sejumlah Menteri, Pejabat Pemprov dan Bupati Kukar melihat peta lokasi Tahura Bukit Soeharto di titik KM 35 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, Selasa (7/5). Kedatangan Presiden Joko Widodo beserta rombongan untuk melihat lahan yang ditawarkan Pemprov Kaltim sebagai lokasi Ibukota Negara yang baru. (TribunKaltim.co/FACHMI RACHMAN) (TribunKaltim.co / Fachmi Rahman)

Tampaknya, pemindahan Ibukota Jakarta ke Jonggol atau tidak jauh dari lokasi semula ini, meniru gaya Malaysia, yakni memindahkan dari Kota Kuala Lumpur ke Putra Jaya pada 1999.

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved