HUT Ke 74 Kemerdekaan RI

Dapat Kado Remisi di Peringatan Kemerdekaan RI, 14 Napi di Rutan dan Lapas Balikpapan Bebas

Ratusan narapidana yang menghuni Lapas Klas IIA Balikpapan dan Rutan Balikpapan mendapat kado istimewa. Kado tersebut berupa remisi

Dapat Kado Remisi di  Peringatan Kemerdekaan RI, 14 Napi di Rutan dan Lapas Balikpapan Bebas
TribunKaltim.CO/Zainul
Marlia, (34) warga Gunung Polisi yang langsung bebas 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tepat di hari peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun.

Ratusan narapidana yang menghuni Lapas Klas IIA Balikpapan dan Rutan Balikpapan mendapat kado istimewa. Kado tersebut berupa remisi yang diberikan Lapas dan Rutan Balikpapan.

Penyerahan remisi tersebut dilakukan secara langsung Walikota Rizal Effendi didampingi Kepala Lapas Imam Satya dan Kepala Rutan Febie serta unsur jajarannya.

Kepala Lapas Klas II A Balikpapan, Imam Satya mengatakan, remisi diberikan kepada terpidana yang menjalani hukuman pidana pokok di lapas terdapat 604 penghuni yang mendapatkan remisi sebagian penghuni.

“Iya, kita berikan remisi sesua aturan yang ada, yang lansung bebas hari ini ada 7 orang, seharusnya kan 22 orang,  hanya saja 15 orang lainnya warga masih menjalani harus hukuman pengganti denda (subsider) dan rutan itu ada 325 yang dapat remisi umum 1 yang bebas 7 orang,” katanya.

Para napi yang mendapatkan remisi tersebut juga beragam kasus yang menjerat mereka, mulai dari kasus pidana umum seperti kasus pencurian, pembunuhan dan narkoba.

“Jadi warga binaan yang paling banyak bebas itu dari pidana umum, lengkap semuanya,” lanjut Imam

Sementara itu, kapasitas rutan dan lapas harusnya diisi masing-masing 450 orang namun nyatanya hingga saat ini sudah dihuni lebih dari 600 warga binaan, artinya jumlah tersebut sangat over  kapasitas.

“Sudah over kapasitas dari dulu, Rutan ini kan  tahanan dari Polres juga Kejaksaan menunggu sampai proses hukum, setelah putus hukuman di atas 1 tahun itu dari rutan pindah ke Lapas jadi bergulir begitu terus, seperti sambung menyambung rasanya yang sama-sama padat juga, ” jelasnya.

Sementara Walikota Rizal Effendi yang bertindak sebagai inspektur upacara HUT RI sebelum penyerahan remisi turut menyampaikan ucapan selamat serta lebih semangat bagi penerima remisi bebas.

Halaman
123
Penulis: Zainul
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved