Ibu Kota Baru

Inilah 3 Hal Bukit Soeharto di Kalimantan Timur Dicoret dari Daftar Kandidat Calon Ibu Kota Baru RI

Kepala Bappenas tegaskan, Ibu Kota Baru tidak berada di Bukit Soeharto, Kalimantan Timur. Ini Dijelaskan di Balikpapan, bahwa Bukit Soeharto dicoret.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Keberadaan Bukit Soeharto di Kalimantan Timur kini menjadi sorotan, setelah munculnya rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan.

Daerah Bukit Soeharto digadang-gadangkan menjadi kandidat calon Ibu Kota Baru Republik Indonesia (RI), terutama kala ada kunjungan dari Presiden Joko Widodo ke Bukit Soeharto di Mei 2019 lalu semakin memberi ketenaran nama Bukit Soeharto.

Keberadaan Bukit Soeharto di Kalimantan Timur bisa dibilang luas, daratannya memiliki luasan sekitar 61.850 hektare. Diskusi di Bappenas sebelum ada kunjungan Presiden Joko Widodo, sempat sebutkan Bukit Soeharto pas dijadikan lokasi Ibu Kota Baru.

Tapi hal ini kemudian berubah saat dalam kegiatan pembukaan Kegiatan Konsultasi Regional Penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Negara (RPJMN) 2020-2024 di Novotel-Ibis Balikpapan, Selasa (20/8/2019).

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Bappenas, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dan dihadiri seluruh kepala daerah yang ada di Pulau Kalimantan.

Usai membuka acara tersebut, Bambang Kepala Bappenas dihadapan seluruh wartawan, mengungkapkan, Bukit Soeharto tidak lagi menjadi jagoan sebagai lokasi Ibu Kota Baru.

Inilah 3 Hal Bukit Soeharto Dicoret dari Daftar Kandidat calon Ibu Kota Baru RI:

1. Tempat Bukit Soeharto itu Hutan Lindung

Kepala Bappenas tegaskan, Ibu Kota Baru tidak berada di Bukit Soeharto, Kalimantan Timur. Tetapi pernyataan ini pun belum disambung dengan penjelasan konkrit lokasi Ibu Kota Baru, sebab ini nanti ranah penyampainnya ada di Presiden Joko Widodo.

Dijelaskan di Kota Balikpapan, bahwa Bukit Soeharto dicoret dari daftar kandidat lokasi Ibu Kota Baru RI. Demikian disampaikan Kepala Bappenas, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro.

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved