Berita Sangatta Terkini

Panen Raya Kasmidi Janji Alokasikan Anggaran untuk Desa Bukit Pandan Jaya

Panen kali ini hasil tanam perdana di tahun ini. Potensi lahan pertanian kami di sini sampai 150 hektar. Tapi yang dipanen.

Panen Raya Kasmidi Janji Alokasikan Anggaran untuk Desa Bukit Pandan Jaya
TRibunkaltim.Co/Margaret Sarita
Wabup Kasmidi Bulang Didampingi warga kelompok tani dan Camat Teluk Pandan Aminuddin melakukan panen raya di area persawahan Kelompok Tani Teluk Pandan Jaya. 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Kelompok Tani Teluk Pandan Jaya yang berlokasi di Desa Bukit Pandan Jaya, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur menggelar panen raya padi sawah, Kamis (29/8/2019).

Wakil Bupati H Kasmidi Bulang ST MM didampingi Kasubbag Dokumentasi dan Pendataan, Ahyar Asdin SP yang sedang mengunjungi desa tersebut, ikut bersama-sama petani setempat melakukan panen raya.

Ada tiga hamparan seluas sekitar 8 hektar, dengan tiga varietas padi yang ditanam. Yakni, IR 66, padi Zeklin dan padi beras merah.

Seluruhnya akan menghasilkan bahan pokok masyarakat sebanyak 40 ton.

“Panen kali ini hasil tanam perdana di tahun ini. Potensi lahan pertanian kami di sini sampai 150 hektar. Tapi yang dipanen, ada delapan hektar yang akan dipanen dengan perkiraan hasil mencapai 40 ton.

"Kami berharap ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten untuk kemajuan pertanian di desa kami,” kata Jufri, Ketua Kelompok Tani Teluk Pandan Jaya.

Selain itu Jufri juga mengungkapkan kendala yang dihadapi terhadap hasil pertanian di desanya. Yakni, masalah pasokan air untuk mengairi sawahnya.

Ia berharap pemerintah membuatkan embung penampung air untuk menjadi sumber air sawah mereka.

“Permasalahan di sini, air di bawah, sawah di atas. Ada dapat empat unit pompa bantuan APBN dan APBD. Tapi seperti kita ketahui, namanya mesin, harus beli bahan bakar juga. Harga bahan bakar sama dengan membeli air. Jadi tidak maksimal juga,” ungkapnya.

Menanggapi keluhan petani, Wabup Kasmidi Bulang mengatakan pemerintah akan membantu para petani setempat, terutama soal pasokan air untuk persawahan.

Karena embung penampungan menjadi jalan terbaik, kemungkinan itu yang akan jadi prioritas untuk dibangun.

Halaman
1234
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved