Dukung Ibu Kota Baru, Balikpapan Tuntut Pemerintah Pusat Soal Formula Pembagian Dana Bagi Hasil

Rizal Effendi, Walikota Balikpapan berharap Dana Bagi Hasil untuk Balikpapan dan Kalimantan Timur ditingkatkan demi dukung ibu kota baru

Dukung Ibu Kota Baru, Balikpapan Tuntut Pemerintah Pusat Soal Formula Pembagian Dana Bagi Hasil
TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengunjungi beberapa lokasi saluran air dan beberapa pembangunan jalanan di beberapa kampung. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat kondisi terkini warga di beberapa titik di kota Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan kembali menuntut Dana Bagi Hasil atau DBH lebih banyak, demi mendukung pembangunan ibu kota baru.

Seperti diketahui DBH Kota Balikpapan pernah dipangkas sampai 50 persen oleh Kementerian Keuangan (Kemenkue).

Rizal Effendi Walikota Balikpapan mengatakan, sebelumnya memeroleh Balikpapan mendapatkan perolehan DBH sebesar Rp 1 Triliun.

Tahun 2015, ketika menurunnya produksi hasil migas di pasar internasional, pemerintah pusat memangkas perolehan DBH Balikpapan 50 persen atau menjadi Rp 500 Miliar.

"Adapun formulanya untuk Kaltim, perolehan gas mendapat 30 persen dan hasil minyak mendapatkan 16,5 persen," kata Rizal.

Rizal Effendi membandingkan dengan kebijakan pemerintah pusat yang memberikan formula pembagian migas lebih besar, yang mana Papua dan Aceh, masing-masing memperoleh komposisi 70 persen gas dan 30 persen minyak.

Sehingga Rizal Effendi meminta kepada pemerintah pusat agar formula DBH Migas diubah atau setidaknya disamakan dengan besaran DBH di Papua dan Aceh.

Rizal Effendi menambahkan, dituntutnya kembali besaran DBH untuk Kaltim dan Balikpapan mengingat Kaltim perlu persiapan dana untuk mendukung pembangunan di ibu kota baru.

"Kita jangan sampai jadi penonton, karena dulu tahun 70an perusahaan kayu bejaya, setelah itu Migas," kata Rizal. 

Suasana kota Balikpapan yang menuntut formula DBH disamakan dengan Kota Aceh dan Papua
Suasana kota Balikpapan yang menuntut formula DBH disamakan dengan Kota Aceh dan Papua (tribunkaltim.co/Siti Zubaidah)

Berharap ke Presiden

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved