Breaking News

BREAKING NEWS Karhutla Gunung Seteleng Penajam Paser Utara Kaltim Membara Lagi

BPBD Penajam Paser Utara, karhutla mewarnai perjalanan sejak memasuki awal bulan September 2019, akan ada karhutla, Kalimantan Timur terbakar.

BREAKING NEWS Karhutla Gunung Seteleng Penajam Paser Utara Kaltim Membara Lagi
TribunKaltim.Co/HO BPBD Penajam
Petugas berusaha padamkan api di RT 07 Kelurahan Gunung Seteleng, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat (20/9/2019) siang. Tempat ini sempat padam namun ada lagi karhutla. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Tim gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur nampaknya susah untuk menarik napas lega, akibat kebakaran lahan yang bersahut-sahutan.

Dalam satu hari, petugas mendapat laporan 2 hingga 6 kejadian karhutla di lokasi yang berbeda.

Petugas tak segan-segan berjibaku dengan api hingga dini hari.

Luasannya pun cukup membuat petugas kewalahan. Asap tak terelakkan.

Data BPBD Penajam Paser Utara, karhutla mewarnai perjalanan sejak memasuki awal bulan September 2019.

Hingga hari ini, tercatat sedikitnya 37 kasus kebakaran hutan dan lahan yang ditanggulangi petugas.

Jumlahnya dua kali lipat dari rekapan jumlah karhutla dari bulan Januari hingga Agustus, yang bermain diangka 20-an kasus.

Hari ini, kebakaran lahan yang terjadi di RT 07 Kelurahan Gunung Seteleng, Kecamatan Penajam, membara lagi sekira pukul 15.00 Wita. Kebakaran lahan yang terjadi pada Kamis (19/9/2019) kemarin, telah berhasil dipadamkan petugas.

Namun saat Sat Samapta Polres Penajam Paser Utara (PPU) melakukan patroli di lokasi karhutla sebelumnya, mereka mendapati api kembali menyala.

"Petugas dan mobil pemadam bantuan, serta AWC Polres PPU merapat ke lokasi, selain itu petugas juga butuh masker dan tabung oksigen," kata Kepala Sub Bidang Logistik dan Peralatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Penajam Paser Utara, Nurlaila.

Halaman
1234
Penulis: Heriani AM
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved