Kekejaman G30S/PKI Bisa Dilihat di Museum Ahmad Yani dan AH Nasution

Salah satunya dengan mengunjungi tempat-tempat yang menjadi tempat kejadian, atau yang menyajikan mengenai bukti-bukti sejarah itu.

Kekejaman G30S/PKI Bisa Dilihat di Museum Ahmad Yani dan AH Nasution
TribunKaltim.Co/HO
Pengunjung melihat Monumen Pancasila Sakti di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (8/5/2011). Nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pemersatu bangsa saat ini dikhawatirkan semakin pudar seiring dengan makin kurangnya generasi muda mempelajari dan memahami Pancasila serta makin maraknya budaya kekerasan di kehidupan bangsa. 

TRIBUNKALTIM.CO,JAKARTA-Banyak cara yang dilakukan untuk mengigat kembali sejarah masa lalu.

Salah satunya dengan mengunjungi tempat-tempat yang menjadi tempat kejadian, atau yang menyajikan mengenai bukti-bukti sejarah itu.

Nah masih dalam suasana Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober yang merupakan hari kelam bagi Bangsa Indonesia karena munculnya Gerakan 30 September (G30S/ PKI) yang menjadi sejarah kelam negara Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila, Rizal Effendi Sebut Tak Ada Lagi Isu Tapol PKI di Balikpapan

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Inilah 4 Mobil Bersejarah dalam Tragedi G30S/PKI

Untuk mengetahui sejarah kelam itu, maka bisa mengunjungi museum. Bahkan museum bisa mengingat kembali kejadian penyerangan yang dilakukan Partai Komunis Indonesia (PKI) kepada tujuh perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Berikut tiga museum yang bertemakan kejadian G30S/PKI

1. Museum Sasmitaloka Jenderal Besar DR. A.H. Nasution

Ade Irma Suryani Nasution adalah gadis berusia lima tahun yang menjadi salah satu korban tragedi penggerebekan rumah Alm Jenderal Abdul Haris Nasution di Jalan Teuku Umar No 40, Menteng, Jakarta.

Beberapa peluru yang dilepaskan oleh pasukan Tjakrabirawa menembus punggung kecil Ade Irma. Ade Irma Suryani Nasution merupakan putri bungsu dari Jenderal besar AH Nasution.

Kisah ini bisa kamu telusuri di Museum AH Nasution yang berlokasi di bekas rumah sang Jenderal. Di sini, kamu bisa melihat beberapa barang peninggalan Ade Irma.

Selain barang peninggalan, ada juga diorama lengkap kejadian penyerangan yang terjadi di rumah AH Nasution,

Halaman
123
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved