Persediaan Jagung untuk Malam Tahun Baru di Kota Balikpapan Aman, Ini Hasil Panen Dinas Pertanian

Menu jagung bakar menjadi hindangan "wajib" warga Balikpapan di setiap perayaan pengantian tahun. Tak heran pedagang jagung marak di sepanjang jalan

Persediaan Jagung untuk Malam Tahun Baru di Kota Balikpapan Aman, Ini Hasil Panen Dinas Pertanian
Tribunkaltim.co, Siti Zubaidah
Walikota Balikpapan Rizal Effendi didampingi istri saat panen jagung di kawasan Bendali IV Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Selasa (31/12/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN - Menu jagung bakar menjadi hindangan "wajib" di setiap perayaan pengantian tahun. Tak heran pedagang jagung pun marak di sepanjang jalan Kota Balikpapan.

Tak mau ketinggalan dalam moment tersebut, Pemkot Balikpapan pun memanen ribuan jagung di Kebun Jagung Bendali IV Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Selasa (31/12/2019).

Heria Prisni Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan ( DP3 ) Balikpapan mengatakan, untuk stok jangung menjelang tahun baru di Kota Balikpapan aman.

Di Balikpapan ini banyak petani jagung, terbanyak di wilayah Lamaru dan Karang Joang, yakni Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara.

"Kalau saat ini, panen jagung sebanyak 2.000-3.000 tongkol, nanti teman-teman PKK dan sebagainya kita panen sendiri. Jagung itu ditanam dari tiga bulan yang lalu, bibitnya kita beli yang asli memang jangung manis," kata Heria.

Menurut Heria, untuk tanam jagung ini karena kebiasan tahun baru, setelah tanam jagung akan dirubah menjadi tanam sayuran untuk persiapan Hari Kesatuan Gerak PKK yang dipusatkan di Kota Balikpapan.

Baca Juga;

Inilah 15 Kalimat Selamat Tahun Baru 2020 Versi Bahasa Inggris dan Arti, Cocok di WhatsApp Facebook

Bobotoh dan Umuh Muchtar Beda Pendapat Soal Ezechiel, Sosok Ini Dianggap Layak Jadi Manajer Persib

Persib Bandung Gigit Jari, Pemain yang Diinginkan Bobotoh Resmi ke Persija, Bakal Ganti Ismed Sofyan

Luna Maya dan Ryochin Unggah Foto Hadiri Pernikahan di Yunani, Eks Reino Barack Ada Unggah Foto Ini

"Setelah itu akan ganti dengan tanaman sayur, karena jagung itu panennya hanya tiga bulan sekali. Panen jagung ini karena menjelang tahun baru, hanya untuk silaturahmi, bukan untuk menekan harga," katanya.

Sejauh ini persediaan jagung di Kota Balikpapan, sekali panen 6-7 ton. Petani jagung pun banyak. "Jadi tidak perlu khawatir. Lokasi kebun jagung ini luas totalnya 3/4 hektar, lahannya pemerintah, sebelumnya hanya tumbuhan ilalang saja," ujar Heria. (dha)

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved