Pesona Gunung Embun Dilirik Wisatawan, Berbenturan dengan Kepentingan Hak Guna Usaha Perusahaan

Gunung Embun Paser berselimut embun menurut Kasi Destinasi Wisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

Pesona Gunung Embun Dilirik Wisatawan, Berbenturan dengan Kepentingan Hak Guna Usaha Perusahaan
Tribunkaltim.co/Sarassani
Pesona objek wisata alam Gunung Boga atau Gunung Embun di Desa Luan Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser Kalimantan Timur belum lama ini. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Pesona Gunung Boga atau Gunung Embun Paser berselimut embun.

Menurut Kasi Destinasi Wisata pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Wahab Syahrani, Senin (3/2/2020), hanya bisa dinikmati di pagi hari.

Untuk bisa lebih lama menyaksikan pesona alam di Desa Luan Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser ini, tak sedikit pengunjung yang memilih menginap di objek wisata.

“Semakin siang embunnya semakin tipis, makanya banyak yang bermalam disana agar lebih lama menikmati pesona alamnya,” kata Wahab.

Terlebih lagi di malam atau dini hari terjadi hujan lebat di kawasan Gunung Boga, kabut embunnya lebih pekat lagi.

“Seolah-olah kita berpijak di atas awan karena kabut embun yang pekat menyelimuti lereng-lereng gunung, sehingga yang kelihatan hanya puncak gunungnya saja,” ucapnya.

Sayangnya, lanjut Wahab, lokasi objek wisata alam Gunung Embun masuk izin Hak Guna Usaha (HGU) PT Anugerah Abadi Mukti Usaha.

Sehingga pemerintah Desa Luan harus berkoordinasi dengan pihak perusahaan agar bisa mengembangkan objek wisata alam Gunung Boga atau Gunung Embun.

“Pemerintah Kecamatan Muara Samu dan Muspika telah mempertemukan pemerintah Desa Luan dengan pihak PT Anugerah Abadi Mukti Usaha tanggal 4 Juli 2019, namun pihak PT Anugerah Abadi Mukti Usaha disini mengatakan bahwa yang berwenang memutuskan adalah Managemen PT Anugerah Abadi Mukti Usaha di Jakarta,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Muara Samu Amri Yulihardi membenarkan adanya pertemuan tersebut, bahkan setelah itu dilakukan pengambilan titik koordinat.

Pesona objek wisata alam Gunung Boga atau Gunung Embun di Desa Luan Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser belum lama ini.
Pesona objek wisata alam Gunung Boga atau Gunung Embun di Desa Luan Kecamatan Muara Samu Kabupaten Paser belum lama ini. (Tribunkaltim.co/HO Wahab Alfasari)
Halaman
1234
Penulis: Sarassani
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved