Soal Lampu Motor Siang Hari, Ngabalin : Pengecualian bagi Jokowi, Penggugat UULAJ : tak Ada Alasan

Soal menyalakan lampu motor pada siang hari, Ali Mochtar Ngabalin menyebut ada pengecualian untuk Jokowi, penggugat UULAJ mengatakan tak ada alasan

Soal Lampu Motor Siang Hari, Ngabalin : Pengecualian bagi Jokowi, Penggugat UULAJ : tak Ada Alasan
Kompas.com/Fitria Chusna Farisa
Uji Materi Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020). Soal Lampu Motor Siang Hari, Ngabalin : Pengecualian bagi Jokowi, Penggugat UULAJ : tak Ada Alasan 

TRIBUNKALTIM.CO - Soal menyalakan lampu motor pada siang hari, Ali Mochtar Ngabalin menyebut ada pengecualian untuk Jokowi, penggugat UULAJ mengatakan tak ada alasan

Diketahui dua mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia ( UKI ) menguggat uji materiil terhadpa UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( UULAJ ) di Mahkamah Konstitusi.

Keduanya menyoroti aturan menyalakan lampu motor pada siang hari yang justru tak dilaksanakan Presiden Indonesia Joko Widodo ( Jokowi ).

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin angkat bicara soal gugatan yang diajukan dua mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia ( UKI ), Eliadi dan Ruben, terhadap UU 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( UULLAJ ).

Menurut Ngabalin, ada aturan pengecualian atau privilege yang berlaku bagi Presiden Joko Widodo yang diatur di dalam UU tersebut.

Hakim MK : Jangan-jangan Polisi Salah Tafsir Aturan Penggunaan Lampu Sepeda Motor pada Siang Hari

 Frasa Siang Hari di Pasal Nyalakan Lampu Motor pada Siang Hari Dipertanyakan, Mulai Pukul Berapa?

 Mahasiswa Kritisi Jokowi tak Nyalakan Lampu Motor, MK: Jalan Secara Pribadi atau Tugas Negara?

 Sederet Alasan Polisi Buat Presiden Jokowi Tidak Ditilang Meski Tak Nyalakan Lampu Motor Siang Hari

"Semua UU yang dibuat itu ada pengecualian. Coba lihat Pasal 134 dan Pasal 135," kata Ngabalin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020) lalu.

Ia menjelaskan, ketika kondisi lalu lintas padat dan ada kendaraan yang dikecualikan di dalam UU tersebut untuk melintas karena suatu kondisi, maka kendaraan tersebut dapat menerobos lampu lalu lintas.

Urutannya, mobil kebakaran yang sedang dalam tugas untuk menuju lokasi kebakaran, mobil ambulans yang membawa pasien, konvoi kendaraan, baru rombongan presiden serta rombongan pejabat negara dan pemerintah yang melintas.

"Selama Presiden Joko Widodo, beliau tetap seperti orang biasa.

Meskipun dalam pengawalannya tidak melanggar itu, traffic light, meskipun ada pengecualian," ujarnya.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved