Virus Corona

Pasien Baru Positif Corona di Kukar Terindikasi Usai Pertemuan KPU di Jakarta, Ada Gejala Influenza

Satu lagi pasien positif Virus Corona berada di wilayah Kutai Kartanegara ( Kukar ) Kalimantan Timur, ada pertemuan KPU di Jakarta.

Tribunkaltim.co/Jino Kartono
Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara sekaligus Plt Dirut RS AM Parikesit Dr. Martina Yulianti menjelaskan asal muasal pasien kedua yang positif Corona di wilayah Kukar, Jumat (20/3/2020). Diduga pasien terjangkit ketika mengikuti kegiatan nasional di Jakarta. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Satu lagi pasien positif Virus Corona berada di wilayah Kutai Kartanegara ( Kukar ) Kalimantan Timur. Pasien tersebut merupakan pasien kedua yang positif terjangkit Covid-19 di wilayah Kukar.

Dari penuturan Kepala Dinas Kesehatan Martina Yulianti saat jumpa pers, Jumat (20/3/2020) mengatakan pasien nomor dua ini merupakan kluster yang berbeda dengan pasien nomor satu.

"Konfirmasi positif wanita umur 37 tahun. Bersangkutan berasal dari kluster yang berbeda dengan pasien pertama. Pasien ini berasal dari kluster Jakarta," ucapnya.

Ia juga mengatakan ketika melakukan tracking, pasien nomor dua ini tidak ada kontak dengan pasien positif Virus Corona di Jakarta. Sumber terinfeksi diduga dalam kegiatan keramaian di Jakarta.

"Pasien telah mengikuti pertemuan di Jakarta tepatnya pertemuan KPU di Jakarta," kata Martina Yulianti.

BACA JUGA:

 BREAKING NEWS Ada Lagi, Pasien Positif Virus Virus Corona di Kota Balikpapan Bertambah 5 Orang

 Balikpapan Kota Paling Rentan di Kalimantan Timur dalam Penyebaran Virus Virus Corona, Ini Alasannya

Diduga pertemuan itu berada di salah satu hotel di Jakarta pada tanggal 9 Maret 2020. Ketika sampai di Kukar ia mengalami gejala influenza. Ketika dicek berstatus positif.

Sehingga pada tanggal 16 maret pasien ini ditetap sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP). Saat ini pasien berada dalam self isolation alias mengisolasi dirinya di dalam rumah.

Meskipun diisolasi di rumah pribadi, petugas khusus dari puskesmas setempat terus memantau perkembangan kondisi pasien tersebut. "Gejala mirip seperti influenza. Pasien mengecek kondisinya yang ternyata positif," ucapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat jika memiliki gejala tersebut langsung segera mengisolasi diri sendiri di rumah. Jika kondisi semakin kurang membaik segera laporkan ke pihak RSUD AM Parikesit.

"Kepada masyarakat agar jika mencurigai dirinya mempunyai gejala mirip influenza agar tidak kemana-mana tidak perlu mendatangi faskes kecuali sudah parah (sesak napas) baru ke rumah sakit. Nanti petugas menindak lanjuti," ucapnya.

Dari informasi yang beredar pasien ini merupakan salah satu komisioner KPU Kukar. Ketika dikonfirmasi oleh ketua KPU Kukar Erlyando Saputra belum ada respon dari pihak terkait.

(Tribunkaltim.co/Jino)

Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved