PHKT Beri Mesin Jahit Kepada Kelompok Penjahit Perempuan PPU, Dukung Wirausaha Tanggulangi Covid-19

PHKT yang didukung PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sebagai induk perusahaan, mendukung program peningkatan ekonomi khususnya kewirausahaan di PPU

Tribunkaltim.co, Heriani
PHKT serahkan mesin jahit kepada kelompok penjahit perempuan PPU (HO) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN -Pertamina Hulu Kalimantan Timur ( PHKT ) yang didukung PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sebagai induk perusahaan, mendukung program peningkatan ekonomi khususnya kewirausahaan di Kabupaten Penajam Paser Utara ( PPU ).

PHKT memiliki dua wilayah operasional, yakni Balikpapan dan Penajam Paser Utara. Sesuai misi CSR PHKT DOBS (Daerah Operasi Bagian Selatan) untuk mendorong pengembangan kelompok usaha lokal yang ada di masyarakat, diwujudkan berupa CSR dalam bentuk bantuan mesin jahit bagi 3 (tiga) kelompok penjahit perempuan.

Bantuan yang diserahkan tersebut berupa pemberian 35-unit mesin jahit, 25-unit mesin obras, dan satu buah mesin border, yang disalurkan bagi Kelompok Penjahit Wanita di 3 lokasi di Kecamatan Penajam yaitu Kelurahan Lawe-Lawe, Desa Girimukti, dan Kelurahan Saloloang pada Jumat, 27 Maret 2020 lalu.

Sebelumnya, Kelompok Penjahit Perempuan di Kabupaten PPU ini telah dibekali dengan pelatihan menjahit bersertifikat yang diselenggarakan oleh Pemerintah kabupaten PPU, namun masih terkendala terbatasnya fasilitas peralatan dan sarana menjahit.

PHKT Dukung Pemkab Penajam Paser Utara Dalam Program Penanganan Stunting

Timsus Verifikasi Ulang Nelayan yang Terdampak Pengeboran PHKT, Lebih 200 Nelayan Didata

Teras Rumah Warga Keluarkan Hawa Panas, BPBD PPU Turunkan Tim PHKT Lakukan Pengecekan

Harapan dan dukungan juga disampaikan oleh Manager Relations PHKT, Tommy Sibuea dalam siaran persnya, menyampaikan program bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian PHKT dengan masyarakat sekitar serta bentuk partisipasi PHKT  dalam mendukung Program Pemerintah Kabupaten PPU untuk meningkatkan Kewirausahaan dan Pemberdayaan Perempuan di PPU.

”Sinergitas program dengan Pemerintah diharapkan menjadi kunci keberhasilan implementasi program CSR PHKT. Kami berharap untuk dapat selalu berkordinasi dengan baik dengan semua pihak yang terlibat dan peduli terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sehingga program ini akan berdampak signifikan dan langsung dapat dirasakan oleh masyarakat,” tambahnya, Kamis (9/4/2020).

PHKT serahkan mesin jahit kepada kelompok penjahit perempuan PPU
PHKT serahkan mesin jahit kepada kelompok penjahit perempuan PPU (HO PHKT)

Aksi tersebut mendapat apresiasi dari Kepala Perwakilan SKK Migas Kalimantan dan Sulawesi, Syaifudin. Ia mendorong KKKS di Kalimantan dan Sulawesi, termasuk PHKT untuk melaksanakan program CSR sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan dan kepedulian kepada masyarakat sekitar demi dukungan dan kelancaran pemenuhan kebutuhan energi di Indonesia.

“Program secara berkelanjutan di wilayah operasi masing-masing, semoga bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu memaksimalkan sinergitas antara pemerintah, masyarakat dan perusahaan yang pada akhirnya mendukung pemenuhan energi di Indonesia” ujar Syaifudin.

RDP Soal Dampak Pengeboran PHKT Rugikan Nelayan Waru, DPRD Penajam Paser Utara Bentuk Tim Khusus

Antisipasi Abrasi di Pesisir, Bupati PPU Bersama PHKT Tanam 1.000 Pohon Mangrove di Kampung Baru

PHKT Gelar Pelatihan Guru Pembina UKS di Marangkayu, Dukung Program Sekolah Sehat

Ibu Hamidah dari Desa Girimukti sebagai salah satu penjahit penerima manfaat CSR ini menyampaikan rasa terima kasih yang besar pada PHKT dan berharap dapat memanfaatkan Mesin Jahit bantuan tersebut dengan baik sehingga dapat terus mengembangkan usahanya.

Apresiasi yang besar juga disampaikan oleh Nur Azizah, Pendamping Desa Program Pembangunan Pemberdayaan Kelurahan dan Pedesaaan Mandiri ( PROP2KPM ).

“Kami sampaikan apresiasi yang besar untuk PHKT. Diharapkan para beneficiaries/penerima manfaat tersebut dapat memanfaatkan bantuan secara maksimal untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.” tambahnya.

Diharapkan nantinya dengan terus berkembangnya usaha Kelompok Penjahit Wanita ini mampu membantu meningkatkan pendapatan dan perekonomian keluarga. Inisiatif sangat baik yang saat ini sedang dikerjakan oleh Kelompok Penjahit Wanita PPU tersebut yaitu membuat masker pelindung berbahan kain katun sebagai sumbangsih upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved