Kodim 0907 Tarakan Rakit Motor Babinsa Jadi Kendaraan Penyemprot Disinfektan Bernama Morse

Di tengah wabah Virus Corona, Kodim 0907 Tarakan merakit motor Babinsa menjadi kendaraan penyemprot disinfektan bernama Morse

HO/Kodim 0907 Tarakan
Kodim 0907 Tarakan merakit motor Babinsa menjadi motor semprot (Morse) yang dilengkapi peralatan untuk penyemprotan disinfektan 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN- Upaya Kodim 0907 Tarakan dalam mencegah penyebaran Virus Corona atau covid-19 terus dilakukan, dengan cara memodifikasi kendaraan menjadi kendaraan penyemprot disinfektan.

Setelah berhasil merakit mobil khusus penyemprotan, kali ini kendaraan motor Babinsa juga dimodifikasi dengan dilengkapi peralatan untuk penyemprotan disinfektan.

Saat dikonfirmasi, Dandim 0907 Tarakan, Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto menjelaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Tim PAL Kota Tarakan dalam membuat Morse (Motor Semprot), yang tentunya sudah diuji dan berhasil.

Peralatan penyemprotan tersebut sengaja dirakit sedemikian rupa untuk membantu masyarakat yang tidak pernah terjangkau penyemprotan disinfektan.

Motor hasil modifisikasi tersebut mampu membawa 40 liter cairan disinfektan yang nanti akan keliling di wilayah yang sulit dijangkau sesuai permintaan masyarakat.

"Saat ini sudah beroperasi satu unit Morse yang dimotori Sertu Arifin, Babinsa Koramil 0907/02 Tarakan Tengah, dan Alhamdulilah berjalan lancar," ujarnya, Jumat (10/4/20)

Diakuinya, Kodim memiliki mobil tanki yang dapat menampung disinfektan dangan jumlah banyak, namun tentu hal itu tidak dapat menjangkau daerah yang memiliki akses jalan yang cukup sempit.

"Kami memang punya mobil tanki yang memuat banyak, tapi mobilitasnya tidak begitu baik menjangkau daerah kecil atau gang-gang sempit di wilayah.

BACA JUGA:

• Ada Pasien Positif Corona di Kutim dari Jakarta, Bupati Ismunandar akan Isolasi Pendatang Zona Merah

• Satu Orang Positif Corona, Bupati Berau Berpesan Pedagang Harus Patuh tak Melayani Makan di Tempat

• Dalam Satu Hari Pasutri Meninggal karena Virus Corona, Istri Berstatus PDP, Belum Ada Hasil Tes Swab

Sehingga kami mengonsepkan Morse ini dengan harapan dapat menjangkau tempat-tempat tersebut," jelasnya.

Saat ini pihaknya baru selesai merakit satu unit motor untuk uji coba di lapangan.

Tak hanya itu, dia juga berencana menambah Morse tersebut dengan harapan dapat membantu masyarakat daerah terpencil untuk melakukan penyemprotan disinfektan, sehingga dapat meminimalisir rantai penyebaran covid-19 di wilayah kota Tarakan. (*)

Penulis: Risnawati
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved