Wanita 20 Tahun Berstatus PDP Meninggal di Kukar, Hasil Swab Dinyatakan Negatif Covid-19

Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia dan dimakamkan sesuai prosedur protokol covid-19 pada 22 April 2020 lalu dinyatakan negatif

TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Bupati Kukar Edi Damansyah melakukan rilis terkonfirmasi positif covid-19 di wilayahnya, beberapa hari lalu. Seorang PDP meninggal dunia dan dimakamkan secara protokol covid-19, sedangkan hasil swabnya menunjukkan negatif covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia dan dimakamkan sesuai prosedur protokol covid-19 pada 22 April 2020 lalu dinyatakan negatif covid-19.

PDP tersebut merupakan wanita 20 tahun asal Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Dari hasil tes swab yang diterima Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kukar, PDP tersebut dinyatakan negatif Virus Corona.

Hal itu diungkapkan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kukar, Martina Yulianti.

BREAKING NEWS, 12 Pasien Covid-19 Sembuh di Nunukan, Termasuk Warga Malaysia

Dia menjelaskan, karena hasil swab menyatakan yang bersangkutan negatif Virus Corona, maka dari itu tidak diumumkan, tetapi tetap disampaikan kepada pihak keluarga.

"Dirilis tidak kita sampaikan hasil yang negatif. Tapi, tetap kita sampaikan ke keluarga yang bersangkutan," ucapnya melalui konfrensi pers daring dengan awak media, Sabtu (16/5/2020) malam.

Dia menambahkan, hasil swab yang bersangkutan telah keluar beberapa waktu lalu. Hasil swab negatif itulah yang membuat pihaknya tidak mengumumkan saat konferensi pers sebelum-sebelumnya.

Cegah Covid-19, Kepala Kementerian Agama Kutim Imbau Masyarakat Sholat Idul Fitri di Rumah Saja

"Hasilnya sudah keluar pada dua kali rilis sebelum ini, ya karena negatif makanya tidak kita sampaikan secara resmi," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, wanita 20 tahun tersebut masuk ke rumah sakit menjalani perawatan pada 21 April 2020, dengan keluhan demam dan sesak napas.

Selanjutnya, yang bersangkutan didiagnosa suspect TB (tuberkulosis) paru, dan tidak memiliki riyawat perjalanan dari luar daerah.

Sementara itu, per Minggu (17/5/2020) hari ini, terdapat 41 terkonfirmasi positif virus corona, di antaranya 35 pasien masih menjalani perawatan, dan 6 pasien dinyatakan sembuh.

Tak Ada Pekerjaan, Ketakutan Masyarakat Bergeser, dari Takut Virus Corona Jadi Takut Kelaparan

Sedangkan ODP (Orang Dalam Pemantauan) berjumlah 708, di antaranya 31 orang masih proses isolasi, dan 677 orang proses isolasi telah selesai.

Lalu, PDP berjumlah 95 orang, di antaranya 45 orang masih proses isolasi, dan 50 orang proses isolasi telah selesai.

Dan, kasus meninggal dunia juga terjadi di Kukar, di antaranya 5 orang berstatus PDP dan 1 orang probable, serta tidak ada pasien positif yang meninggal dunia. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved