Sambut Idul Fitri

Pegawai Kementerian Agama di Kalimantan Utara Dilarang Jadi Khatib, Sanksi Bakal Menanti

Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalimantan Utara (Kaltara) yang terlibat sebagai pionir pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hi

TRIBUNKALTIM.CO/AMIRUDDIN
Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, Suriansyah Hanafi mengatakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltara mendukung pelaksanaan salat Idul Fitri di rumah saja. Ia mengingatkan pegawai Kemenag Kaltara dilarang untuk menjadi pionir pelaksanaan shalat Idulfitri karena dikenakan sanksi, termasuk jadi khatib. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR- Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalimantan Utara (Kaltara) yang terlibat sebagai pionir pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah di lapangan atau masjid terancam sanksi.

Hal itu disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, Suriansyah Hanafi kepada TribunKaltim.co.

Menurutnya, Kemenag Kaltara menaati imbauan Menteri Agama, Fachrul Razi, agar salat Idul Fitri kali ini dilaksanakan di rumah masing-masing.

Imbauan itu merupakan upaya mencegah penyebaran covid-19 atau Virus Corona yang merebak sejak tiga bulan terakhir di Indonesia.

Fakta di Balik Kematian Perawat RS Royal Surabaya, Sandang Status PDP, Berawal Pasien tak Jujur?

"Saya meminta agar pegawai Kemenag Kaltara dipantau, supaya tidak ada yang menjadi pionir atau petugas dalam pelaksanaan salat Idul Fitri.

Misalnya menjadi khatib dalam salat Idul Fitri, yang dilaksanakan di lapangan atau masjid. Saya minta kita semua bersabar dan menaati imbauan pemerintah, agar semuanya salat Idul Fitri di rumah saja," kata Suriansyah Hanafi, Selasa (19/5/2020).

Suriansyah menambahkan, jika ditemukan adanya pegawai Kemenag Kaltara yang melanggar, maka ada konsekuensi yang akan diterima.

"Terhadap pegawai Kemenag Kaltara yang secara sengaja ikut tidak disiplin, maka akan diberi sanksi oleh pengawas kepegawaian," ujarnya.

Kurir Jaringan Malaysia Bawa 1 Kg Sabu Terancam Hukuman Seumur Hidup, Polresta Balikpapan Buru 2 DPO

Suriansyah mengatakan, pelaksanaan salat Idul Fitri di rumah masing-masing perlu mendapat dukungan masyarakat.

Apalagi di tengah pandemi covid-19, sangat rentan penyebaran jika terjadi kerumunan.

Halaman
12
Penulis: Amiruddin
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved