Update Napi Bebas Bersyarat Lakukan Pencurian, Pihak Lapas Ajukan Pencabutan Pembebasan Bersyarat

Sebelumnya seorang napi terlibat kasus pencurian bernama Aldi (32) merupakan salah satu narapida yang terdaftar dalam program bebas bersyarat

TribunKaltim.co/Zainul
Aldi (32) warga binaan ini nekat melakukan membobol rumah di kompleks perumahan pegawai Lapas Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Fakta terbaru di balik kasus tindak pidana pencurian yang melibatkan salah satu narapida Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Balikpapan yang sedang menjalani program pembebasan bersyarat.

Diketahui sebelumnya seorang warga binaan terlibat kasus pencurian bernama Aldi (32) merupakan salah satu narapida yang terdaftar dalam program pembebasan bersyarat.

Namun sayangnya, bukannya bersyukur telah diberi keringanan masa tahanan dan diperbolehkan pulang ke rumahnya untuk sementara waktu, Aldi justru kembali berulah dan melakukan aksi pembobolan rumah di wilayah kota Balikpapan pada 12 April 2020.

Dapat Remisi Lebaran, Sebanyak 228 Warga Binaan Bebas dari Tahanan, Rincian Berdasarkan Perkaranya

Baru Bebas Beberapa Hari, Habib Bahar bin Smith Kembali Dijebloskan ke Penjara, Penguasa Jadi Sebab?

Baru 2 Bulan Bebas, Pemuda di Berau Dibekuk Karena Kasus Pencurian, Polisi Hadiahi Timah Panas

Baru Bebas Usai Dapat Asimilasi, Andi Herman Kembali Mencuri di Tiga Tempat di Kota Balipapan

Narapida yang sebelumnya juga terlibat kasus pencurian itu akhirnya berhasil diamankan jajaran tim Beruang Hitam Satreskrim Polresta Balikpapan setelah petugas menerima laporan masyarakat.

Setelah diamankan di Mapolresta Balikpapan, petugas melakukan serangkaian pengembangan interogasi dan pemeriksaan mendalam terhadap pelaku.

Dari hasil pengembangan petugas itu, terungkap jelas bahwa pelaku rupanya telah melakukan tindak pidana pencurian lebih dari satu tempat kejadian perkara (TKP) dalam kurun waktu dinyatakan bebas bersyarat pada bulan April 2020 kemarin.

Salah satu TKP yang menjadi sasaran pencurian pelaku adalah kompleks perumahan Dinas Lapas Balikpapan yang terletak di kawasan Gunung Bahagia Kecamatan Balikpapan Selatan.

Menurut hasil keterangan polisi, dari kawasan kompleks perumahan Dinas Lapas Balikpapan itu pelaku mencukil rumah menggunakan obeng kemudian dia menggondol laptop dan surat-surat berharga.

"Sudah kami amankan seorang pelaku pencurian yang menyasar di  komplek Perumahan Dinas Lapas Balikpapan. Setelah berhasil masuk pelaku mengambil barang-barang yang mudah didapat setelah itu melarikan diri," Ujar Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi melalui keterangan pres rilis yang di sampaikan jajaran Humas Polresta Balikpapan pada Sabtu malam kemarin.

Sementara itu, terpisah dari Kepala Lapas Balikpapan, Veri mengklarifikasi bahwa pelaku merupakan narapidana yang menjalani masa tahanan di Lapas Balikpapan dan dinyatakan bebas bersyarat bukan bebas karena program asimilasi seperti yang diberitakan media ini sebelumnya.

Halaman
12
Penulis: Zainul
Editor: Alfiah Noor Ramadhany
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved