Breaking News:

Virus Corona di Bontang

Dua Bulan Sandang KLB, Begini Syarat Pencabutan Status Darurat Menurut Walikota Bontang

Status KLB itu berdampak pada pengelolaan anggaran penanganan Covid-19. Hingga pemerintah kota bisa merealisasikan program-program bagi warga

Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani
Walikota Bontang, Neni Moerniaeni 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Status KLB (Kejadian Luar Biasa) mengikat kota Bontang sejak Maret lalu. Lantaran seorang warganya terkonfirmasi terjangkit Covid-19. Walikota Bontang Neni Moerniaeni buru-buru menetapkan Status KLB.

Status KLB itu berdampak pada pengelolaan anggaran penanganan Covid-19. Hingga pemerintah kota bisa merealisasikan program-program bagi warga terdampak Covid-19.

Mulai dari penggratisan air PDAM selama 3 bulan, bantuan langsung tunai ( BLT ) dan sembako, penyiapan sarana medis termasuk pembangunan ruang isolasi RSUD Taman Husada, alat kesehatan dan APD tenaga medis.

Setidaknya Rp11,7 miliar anggaran penanganan Covid-19 berhasil diserap alias terealisasi di lapangan. Diketahui, pemerintah kota Bontang menyiagakan anggaran hingga Rp149,592,605,041 untuk penanganan wabah pandemi Covid-19.

Anggaran tersebut masuk ke dalam dana tak terduga ( DTT ) yang telah dirasionalisasi Pemkot berdasarkan perintah Surat Keputusan Bersama ( SKB ) dua Menteri, yakni Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri terkait refocusing anggaran.

Baca juga; Rapid Test Covid-19 di Plaza Balikpapan Berlangsung, Pekerja Senang Hilangkan Rasa Penasaran

Baca juga; Bolehkan Puasa Syawal Dilakukan Selang-Seling? Kapan Waktu yang Tepat Mulai Menjalankannya

Baca juga; Gubernur Kaltara Ajak Tribuners Sukseskan Program Tribun Kaltim Peduli Korban Terdampak Covid-19

Diketahui, realisasi penggunaan anggaran Covid-19 di bidang Belanja Lain Penanganan Dampak Ekonomi Rp3,868,800,000, kemudian jaring pengaman sosial Rp5,862,302,500 dan bidang kesehatan Rp2,002,941,600. Bila di total realisasi anggaran sekitar Rp11,7 miliar.

Walikota Bontang Neni Moerniaeni mengatakan Status KLB bisa dicabut apabila tak ada lagi kasus positif Covid-19 di kota Taman ( sebutan Bontang ).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved