Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Rumah Ibadah di Berau Dibuka Kembali, Bupati: Harus Tetap dengan Protokol Kesehatan

Pemerintah Kabupaten Berau mulai memberikan relaksasi terkait kebijakan dalam penanganan covid-19 di Bumi Batiwakkal

HUMASKAB BERAU
SALAT BERJAMAAH - Para jamaah di masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb, Jumat (29/5/2020) sudah kembali melaksanakan salat Jumat. Dalam pelaksanaan salat berjamaah di masjid, mereka tetap menjalankan protokol kesehatan guna mencegah sebaran Covid-19 seperti menjalani sejumlah tahapan pemeriksaan sebelum masuk masjid. 

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten Berau mulai memberikan relaksasi terkait kebijakan dalam penanganan covid-19 di Bumi Batiwakkal. Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah untuk menuju new normal di berbagai daerah.

Diantaranya dengan membuka kembali aktivitas rumah ibadah seperti masjid yang bisa kembali melaksanakan salat berjamaah. Namun penerapan protocol kesehatan covid-19 wajib untuk dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Setelah menggelar pertemuan bersama jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) dan organisasi perangkat daerah (OPD) serta lembaga terkait, Jumat (29/5/2020).

Pemkab Berau melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Kantor Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia menggelar pertemuan bersama Pengurus Masjid dari empat kecamatan perkotaan, Tanjung Redeb, Teluk Bayur, Sambaliung dan Gunung Tabur, Sabtu (30/5/2020).

Pertemuan yang dipimpin langsung Bupati Berau, Muharram bersama Wakil Bupati, Agus Tantomo, dalam rangka mensosialisasikan kebijakan membuka aktivitas rumah ibadah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19.

BAHAS SOSIALISASI - Bupati Berau Muharram bersama Wabup Agus Tantomo memimpin rapat sosialisasi dibukanya masjid untuk melaksanakan salat berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan. Rapat digelar di Tanjung Redeb, Jumat (29/5/2020).
BAHAS SOSIALISASI - Bupati Berau Muharram bersama Wabup Agus Tantomo memimpin rapat sosialisasi dibukanya masjid untuk melaksanakan salat berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan. Rapat digelar di Tanjung Redeb, Jumat (29/5/2020). (HUMASKAB BERAU)

Kesehatan protocol kesehatan yang diterapkan tidak hanya dilakukan para pengurus masjid, namun juga para jamaah yang ingin melaksanakan ibadah di masjid atau musollah juga wajib menerapkan protocol kesehatan, seperti wajib mengenakan masker dan membawa sejadah sendiri sendiri, serta mematuhi petunjuk yang telah ditetapkan dan dilaksanakan pengurus masjid, sebelum memasuki masjid untuk melaksanakan salat berjamaah.

Bupati Berau, Muharram, usai pertemuan menjelaskan untuk masjid yang sudah siap dan bahkan telahmelakukan persiapan sejak jauh hari, sejak Sabtu (30/5) sudah diperbolehkan untuk melaksanakan salat berjamaah.

Namun untuk pengurus masjid yang belum siapkan untuk memenuhi protocol kesehatan yang ditetapkan untuk dapat menunda sampai benar benar siap melaksanakan.

“Tentu harus memahami terlebih dahulu standar yang telah digariskan, pelajari, sosialisasikan supaya jamaah paham. Jangan sampai belum disosialisasikan tapi sudah dilaksanakan,” jelasnya.

Beberapa masjid dikatakan Muharram sejauh ini memang sudah siap menerapkan protokol kesehatan covid-19, mulai dari melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap jamaah yang datang, serta menyediakan sarana mencuci tangan dan juga melakukan absensi atau daftar hadir jamaah yang berisi informasi nama alamat dan nomor telepon setiap jamaah.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved