Breaking News:

Virus Corona di Balikpapan

Anak-anak Dikhawatirkan Rentan Tertular Covid-19, Sistem Belajar PAUD dan TK di Balikpapan Dikaji

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan ( Disdikbud Balikpapan ) telah melakukan kordinasi terkait kegiatan sekolah.

TRIBUNKALTIM.CO/MITHA AULIA
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan ( Disdikbud Balikpapan ) telah melakukan kordinasi terkait kegiatan sekolah dilingkungan PAUD, Bimbel, dan Taman Kanak-kanak (TK). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan ( Disdikbud Balikpapan ) telah melakukan kordinasi terkait kegiatan sekolah dilingkungan PAUD, Bimbel, dan Taman Kanak-kanak (TK).

Pembahasan terkait rencana pembelajaran di sekolah untuk anak-anak ini dilakukan bersama Himpaudi, IGRA, IGTKI, SPS, dan lainnya.

Inti pembahasan tersebut diantaranya mengenai perilaku anak usia dini yang tak bisa disamakan dengan anak SD maupun SMP.

Menurut Kepala Disdikbud Kota Balikpapan, Muhaimin, ini akan lebih sulit. Apalagi dimasa Covid-19, Kota Balikpapan juga terus mengalami peningkatan, Sabtu (1/8/2020).

UPDATE Virus Corona di Kukar, Kasus Meningkat 13 Pasien Positif, Tiga Orang Isolasi di RS

Kembangkan Pembelajaran Daring, Disdikbud Kukar Fasilitasi Pengembangan Konten Video Pendidikan

"Juga memang anak-anak ini rentan terjadi penularan. Sehingga soal masuknya ini masih dikaji oleh tim gugus tugas," katanya kepada TribunKaltim.co.

Selain itu, mereka yang terkumpul dalam organisasi tersebut meminta agar setidaknya pertemuan tatap muka bisa dilakukan setidaknya sekali dalam satu minggu.

Tentu dengan jumlah murid Paud ataupun TK yang dibatasi dan dengan tetap menerapkan standart protokol kesehatan.

Kasus Positif Corona di Balikpapan Melonjak, Disiplin Protokol Kesehatan Diperketat Saat Idul Adha

"Kalau tidak diizinkan, mereka minta agar kegiatan bimbel yang dilaksanakan diluar yang tidak resmi itu juga harus ditertibkan," ungkapnya.

Menurut Muhaimin, tuntutan yang ditujukkan kepada pemerintah kota itu tak lain agar ada kesetaraan antar satu sama lain.

Kasus Positif Corona di Balikpapan Melonjak, Disiplin Protokol Kesehatan Diperketat Saat Idul Adha

UPDATE Virus Corona di Samarinda, 6 Kasus Positif Covid-19 di BNNP Kaltim Sembuh

"Jadi saat ini masih menunggu pembahasan apakah diizinkan atau tidak," jelasnya.

Kata dia, Walikota selaku Ketua Gugus Tugas yang akan menjawab hal ini. Barulah setelah itu, pihaknya akan kembali melakukan rapat internal.

Ilustrasi - Virus Corona atau covid-19
Ilustrasi - Virus Corona atau covid-19 (Freepik.com)

Sementara itu diakuinya pendidikan anak usia Paud dan TK ini berbeda. Belajar daring sulit dilakukan karena dirasa tak efektif.

Mereka (anak-anak) juga butuh pengenalan lingkungan dengan guru maupun teman. Adaptasi lingkungan sekitar juga perlu dilakukan, pendidikan karakter juga tidak bisa dimulai dengan daring.

"Sehingga dunianya memang bermain dan mengenal lingkungan. Sekali lagi pendidikan ini penting, tapi kesehatan lebih utama terlebih dimasa pandemi," imbuhnya.

( TribunKaltim.co )

Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved