Virus Corona di Berau

Tenaga Medis Rentan Kena Covid-19, Dokter Spesialis Paru RSUD Abdul Rivai Berau Sebutkan 2 Faktor

Salah satu yang rentan terpapar penyakit Coronavirus atau covid-19 adalah tim tenaga kesehatan atau nakes, terutama yang menangani pasien covid-19.

TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM
Dokter Spesialis Paru RSUD Abdul Rivai, Dr Robert Naigoro, menyebutkan ada dua hal kenapa nakes bisa terjangkit virus covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Salah satu yang rentan terpapar penyakit Coronavirus atau covid-19 adalah tim tenaga kesehatan atau nakes, terutama yang menangani pasien covid-19, Minggu (2/8/2020).

Seperti yang dialami 21 tenaga kesehatan ( nakes ) di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahranie ( RSUD AWS ) Samarinda yang dilaporkan terpapar covid-19 atau virus Corona.

Dokter Spesialis Paru RSUD Abdul Rivai, Dr Robert Naigoro, menyebutkan ada dua hal kenapa nakes bisa terjangkit virus covid-19.

"Ada dual hal kenapa nakes rentan terkena virus apalagi nakes ini memiliki risiko tinggi pertama ketidakjujuran pasien dan kedua kelalaian tidak menggunakan APD sesui standar," jelas pria yang akrab disapa Dr Robert itu ke TribunKaltim.co.

Luhut Beber Alasan Pemerintah Buka Wisata Bali, Sebut Bisa Ditutup Lagi Jika Kasus Virus Corona Naik

Kasus Corona di Kaltara Bertambah Tiga Orang, Dua Warga di Bulungan Diduga dari Transmisi Lokal

Jadwal dan Live Streaming Dokumenter: Rekam Pandemi Corona, Belajar dari Rumah TVRI Hari Ini

Namun, lanjut Dr Robert yang sering terjadi kasus nakes terpapar virus Corona atau covid-19 karena ketidakjujuran dari si pasien.

"Yang sering terjadi itu adalah nakes terpapar covid-19 karena ketidakjujuran dari si pasien contohnya pasien pelaku perjalanan ataupun memiliki kontak erat dengan pasien covid-19 namun mereka tidak jujur saat melakukan pemeriksaan kesehatan," tegasnya.

"Kalau terpapar karena kelalaian jarang terjadi karena protokol kesehatan itu paling utama, dan itu sudah menjadi tugas kami," pungkasnya.

15 Hari Dirawat, Anak Panti yang Positif Corona di Bontang Sembuh

Sempat Ada Ratusan Terinfeksi Covid-19, Anies Bocorkan Titik Ini Kini Aman dari Virus Corona

UPDATE Virus Corona di Berau, Pasien Covid-19 Bertambah 2, Pelaku Perjalanan dari Bandung dan Melak

Meski jumlah kasus terkonfirmasi positif mencapai 79 kasus di Berau namun belum ada dilaporkan adanya nakes yang terpapar akibat menangani langsung pasien covid-19.

"Hal itu karena APD kita yang sangat memadai jadi saya berterimakasih kepada Bupati, Dinkes, Rumah Sakit, BPBD dan semua yang telah support kami dalam menangani pasien covid-19, kami hanya merasakan kesulitan APD diawal-awal kemunculan covid-19 di Berau saja namun beruntung banyak relawan yang membantu," tuturnya.

Dr Robert menambahkan tercatat nakes yang menangani pasien covid-19 di Berau yakni 1 dokter spesialis paru, dua dokter covid-19 serta tim perawat ada empat shift yang setiap shiftnya terdiri dari 9 orang.

( TribunKaltim.co/Ikbal Nurkarim )

Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved