Breaking News:

Perbup Masih Dirumuskan, Warga Kukar tak Pakai Masker Bakal Dikenakan Sanksi

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam Tim Pengamanan dan Penegakan Hukum (Gakum) Penanganan

TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Tim Penegakan Hukum melakukan patroli dan razia kepada sejumlah warga masyarakat di sejumlah fasiltas umum dan tempat hiburan. Warga tak pakai masker disuruh pulang untuk ambil masker dulu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam Tim Pengamanan dan Penegakan Hukum (Gakum) Penanganan covid-19 Kukar saat ini meningkatkan patroli dan razia penertiban warga yang tidak menggunakan masker.

Hal tersebut karena meningkatnya kasus covid-19 di Kukar dan untuk meningkatkan kesadaran warga terkait ketaatan menerapkan protokol kesehatan.

Sekretaris Satpol PP Kukar, Yuliandris mengatakan, pihaknya saat ini tak segan-segan menyuruh warga kembali pulang jika menemukan warga tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat sadar akan pentingnya mencegah penyebarluasan Virus Corona ( covid-19 ) di kalangan masyarakat.

Baca juga: Terkuak Hal Mengejutkan di Balik Dahsyatnya Ledakan Lebanon, Dugaan Penyebab, Musuh Besar Ikut Bantu

Baca juga: Total Rp3,6 Juta, Karyawan Swasta akan Dapat Bantuan Jokowi, Lagi Dibahas Sri Mulyani, Ini Syaratnya

“Kalau ada kita temui saat patroli warga tidak pakai masker, kita suruh pulang. Atau pas di rumah makan ada warga tidak menggunakan masker kita suruh segera makan setelah itu pulang,” ucapnya kepada TribunkKaltim.co, Kamis, (6/8/2020).

Terlebih, ucap dia, dengan diterbitkan Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 yang dikeluarkan pada 4 Agustus 2020 lalu, tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid-19, pihaknya tengah merumuskan sanksi tegas bagi warga yang tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Ada 67 Kasus Baru Covid-19 di Balikpapan, Banyak Pedagang Pasar Muara Rapak yang Sembuh

Baca juga: Karni Ilyas Kaget, Sosok Orang Kuat Beking Djoko Tjandra Blak-blakan Diungkap di ILC, Bukan Jenderal

“Saat ini sedang kita rumuskan drafnya untuk sanksi bagi warga yang tidak menggunakan masker. Nanti kalau sudah selesai Perbupnya baru bisa kita terapkan,” tuturnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya hanya bisa memberi imbauan dan sanksi terberat hanya menyuruh warga yang tidak menggunakan masker untuk kembali pulang, karena untuk sanksi tegas masih belum bisa diterapkan dan tengah disusun aturannya agar memiliki dasar hukum yang jelas untuk menindak dan memberi sanksi bagi warga yang tidak taat protokol kesehatan.

“Kalau sudah ada aturannya mudah bagi kita untuk menindak. Tapi sementara ini kalau ada warga tidak pakai masker, hanya kami suruh pulang,” ucapnya. (*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved