Breaking News:

Mengintip Pengolahan Limbah Cair Kelapa Sawit di Kutim, Disulap jadi Bahan Bakar Energi Terbarukan

PT Dharma Satya Nusantara Tbk meresmikan BIO - CNG Plant yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, berlokasi di area perkebunan kelapa sawit

Penulis: Margaret Sarita | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MARGARET SARITA
PT Dharma Satya Nusantara Tbk meresmikan BIO - CNG Plant yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, berlokasi di area perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (17/9/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - PT Dharma Satya Nusantara Tbk meresmikan BIO - CNG Plant yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, berlokasi di area perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (17/9/2020).

BIO- CNG ( Compress Natural Gas), merupakan bahan bakar energi terbarukan yang berasal dari limbah cair kelapa sawit.

Pabrik milik PT DSN Tbk, mengolah limbah cair sebanyak 800 meter kubik per hari menjadi separuh bagian untuk listrik dan separuh bagian lainnya untuk BIO -CNG.

Dari pabrik ini, tercipta BIO-CNG sebanyak 280 meter kubik per jam, yang diperhitungkan mampu menghemat 2 juta liter penggunaan solar per tahun.

Baca juga: Wabup Chairil Anwar Beber APBD Kukar Sedikit Naik Akibat Pergeseran Anggaran Selama Covid-19

Baca juga: Hotel Gratis untuk Isolasi Mandiri Kasus Covid-19, Pemkot Balikpapan akan Sewa Kelas Bintang 2 dan 3

Pendirian BIO-CNG Plant di Muara Wahau, merupakan bagian dari konsep industri kelapa sawit masa depan yang memiliki total investasi Rp 90 miliar.

"Karena DSN sudah berada pada fase menciptakan produk yang berkelanjutan dan ramah lingkungan," kata Direktur Utama DSN Group secara virtual dalam kegiatan commissioning BIO -CNG Plant PT DSN Tbk.

Seluruh produk kelapa sawit dapat diolah dan dimanfaatkan untuk kehidupan. Dari satu BIO-CNG, DSN akan bangun BIO-CNG lainnya.

Baca juga: KPU Nunukan Beber Kendala Distribusi Logistik Pilkada, Wilayah Sulit Dijangkau Hingga Blank Spot

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved