Cara Dapat JPS Kemnaker, Bisa untuk Pengangguran dan yang Belum Lolos Kartu Prakerja, Gelombang 11?

Cara dapat jaring pengaman sosial ( JPS) Kemnaker, bisa untuk pengangguran dan juga yang belum lolos Kartu Prakerja, bagaimana kabar gelombang 11?

https://kemnaker.go.id/
Ilustrasi. Cara dapat jaring pengaman sosial ( JPS) Kemnaker, bisa untuk pengangguran dan juga yang belum lolos Kartu Prakerja, bagaimana kabar gelombang 11? 

TRIBUNKALTIM.CO - Cara dapat jaring pengaman sosial ( JPS) Kemnaker, bisa untuk pengangguran dan juga yang belum lolos Kartu Prakerja, bagaimana kabar gelombang 11?

Kementerian Ketenagakerjaan juga meluncurkan bantuan Program Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja melalui Jaring Pengaman Sosial ( JPS ), simak cara mendapatkan JPS Kemnaker ini. 

Adanya JPS Kemnaker ini cocok untuk pengangguran dan yang belum lolos Kartu Prakerja, bagaimana dengan Prakerja gelombang 11?

Lantas apa itu program JPS Kemnaker?

Program JPS Kemnaker merupakan program baru yang diberikan pemerintah kepada masyarakat, yang terdiri dari Program Tenaga Kerja Mandiri dan Padat Karya.

Program Tenaga Kerja Mandiri berfungsi untuk menciptakan wirausaha.

"Program penciptaan wirausaha ini bertujuan menciptakan lapangan kerja/usaha bagi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan dan berkelanjutan," ujar Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, dikutip dari Tribun Jabar, Minggu (11/10/2020).

Selain itu, ada juga Program Padat Karya, yang bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk menghindari atau mengurangi dampak pandemi.

Padat karya merupakan program pemberdayaan masyarakat yang menyasar para pengangguran dan setengah pengangguran.

Caranya melalui kegiatan pembangunan fasilitas umum dan sarana produktivitas masyarakat dengan melibatkan banyak tenaga kerja.

Bantuan JPS Kemnaker diberikan dalam bentuk pembekalan pelatihan berkelanjutan dan didampingi langsung oleh Kemnaker.

Tujuan JPS Kemnaker untuk meningkatkan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dan sumber daya manusia di sekitarnya untuk selanjutnya diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual di pasar domestik.

Program ini juga diharapkan mampu mendukung produk kreatif industri kecil sehingga membantu masyarakat survive di masa pandemi dan menjadi kekuatan ekonomi baru di daerah.

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker Suhartono mengatakan, akan terus berperan aktif dalam penciptaan dan perluasan kesempatan kerja.

Baca juga: Januari, Paolo Maldini ke Real Madrid, Jemput Striker 60 Juta Euro Ganti Ibrahimovic di AC Milan

Baca juga: BURUAN! CEK CARA & LINK DAFTAR JPS Kemnaker, Login www.kemnaker.go.id, Kapan Prakerja Gelombang 11?

Baca juga: Merchandise Terbaru BTS Produk Air Putih Be Water with BTS, Member Desain Gambar, Link Beli & Harga

Baca juga: Jadwal Pencairan BLT Karyawan Gelombang 2, Link Cek Nama Apakah Masih Terima di Website Kemnaker

Baca juga: LENGKAP Kunci Jawaban Tema 3 Subtema 2 Kelas 3 SD Halaman 109 110 111 112 113 114 115 dan 116

"Melalui ide-ide yang kreatif dan inovatif, kami yakin banyak Saudara-saudara kita yang masih menganggur, dan korban PHK akibat Covid-19 yang beralih menjadi wirausaha baru, dengan memanfaatkan platform wirausaha online atau startup business," ujar Suhartono.

Saat ini, Kemnaker melalui Direktorat Pengembangan dan Perluasan Kesempatan Kerja per 2 Oktober 2020 telah menyalurkan bantuan program TKM kepada 1.985 kelompok wirausaha dengan melibatkan 39.700 orang.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved