Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Dadakan dan Acak, Puluhan Prajurit Kodim Kubar Tes Urine Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Sebelum tes urine, Selasa (20/10), seluruh prajurit Kodim 0912/KBR diberikan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba

HUMASKAB KUBAR
TES URINE - Para prajuri Kodim 0912/KBR Kubar menjalani test urine guna mencegah penyalahgunaan narkoba, Selasa (20/10/2020). Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Inf Anang Sofyan Efendi menegaskan, apabila ada anggota terbukti positif akan langsung ditindak tegas dan diproses sesuai hukum yang berlaku. 

SENDAWAR - Kegiatan tes urine ini merupakan rangkaian program pelaksanaan P4GN yang dilakukan secara acak serta dadakan guna mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan TNI AD khususnya di Kodim 0912/KBR.

Sebelum tes urine, Selasa (20/10), seluruh prajurit Kodim 0912/KBR diberikan pemahaman tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Komandan Kodim 0912/KBR Letkol Inf Anang Sofyan Efendi menegaskan, apabila anggota terbukti positif mengonsumsi narkoba langsung ditindak tegas dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Lebih lanjut Letkol Inf Anang mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali tanpa pemberitahuan dan dilakukan secara acak.

"Kami laksanakan untuk mendeteksi. Pemberantasan penyalahgunaan narkoba diawali dari diri kita sebagai aparat negara, sehingga menjadi contoh bagi masyarakat," tegasnya.

Tes urine tersebut juga dipantau oleh Kodam VI Mulawarman melalui santuan Sinteldam. Kemarin, diambil sampel urine 50 anggota dan dilakukan pengecekan tanpa pemberitahuan.

"Di Makodim ini ada 257 orang, namun untuk kegiatan ini diambil sampel secara acak. Semua harus siap sewaktu-waktu untuk dicek. Hari ini kami ambil sampel 50 orang secara acak untuk mewakili yang lainnya, namun yang lainnya sudah tentu siap juga untuk dicek," jelasnya Dandim.

Sementara itu, Pabandya PAM Sinteldam VI Mulawarman Mayor Inf Endra yang ikut mengawasi proses tes urine tersebut mengatakan, ini merupakan bentuk keseriusan TNI AD terhadap pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

"Kita mendukung program pemerintah terutama tentang rencana aksi nasional kegiatan P4GN oleh Presiden Joko Widodo. Ini keseriusan pemerintah, dalam hal ini TNI AD untuk mengurangi penyalahgunaan narkoba. Sebelum mengingatkan masyarakat, kita sendiri sebagai aparat negara harus bebas dari penyalahgunaan narkoba," tegasnya.(adv/hms36/naw)

Tags
tes urine
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved