Breaking News:

Model Pembelajaran ATI sesuai Kemampuan Siswa

GUNA mudah memahami istilah model pembelajaran aptitude treatment interaction, terlebih dulu penulis berikan gambaran "agar pencuri yang telah masuk

Ilustrasi
Opini Model Pembelajaran ATI 

GUNA mudah memahami istilah model pembelajaran aptitude treatment interaction, terlebih dulu penulis berikan gambaran "agar pencuri yang telah masuk ke dalam gudang tidak dapat keluar, maka pintu gudang dikunstruksi model bubu". Akan tetapi pintu tetaplah pintu dan bukan bubu, hanya modelnya yang sama dengan bubu.

Berdasarkan contoh kasus tersebut, melahirkan gambaran bahwa istilah model dapat dimaknai sebagai "rancang bangun" dengan tujuan tertentu dari variabel yang diikuti. Adapun pengertian pembelajaran menurut Trianto "... adalah usaha sadar dari seorang guru untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan.

Selanjutnya pengertian model pembelajaran menurut Syafruddin dari Joys "... suatu pencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencankan pembelajaran di kelas atau pembelajaran tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran".

Adapun pengertian aptitude treatment interaction (ATI) secara etimologi (kamus bahasa), aptitude adalah "kecakapan, pembawaan, bakat, keserasian" sesuai yang dimiliki siswa, treatment adalah "perlakuan" dalam pembelajaran , interaction adalah "interaksi" atau "pembelajaran" atau "capable of acting on or influencing each other", yakni mampu bertindak atau mempengaruhi satu sama lain.

Terjemahan harfiah dari potongan istilah aptitude treatment intraction dapat dibangun kembali menjadi "interaksi dalam pembelajaran yang diperlakukan selaras dengan kecakapan atau bakat yang dimiliki oleh siswa".

Secara terminologi, menurut Syafruddin (2005: 37) dari Snow (1989), aptitude treatment interaction adalah "The concept that same instructional strategies (treatment) are more or less effective for particular individuals depending upon their specific abilities. As a theoritical frame work. ATI suggest that optimal learning result when the instruction is exactly matched to the uptitude for the laearners".

Maksud dari Snow tentang uptitude treatment interaction adalah sama dengan konsep strategi pembelajaran yang sedikit atau banyak efektif bagi individu tertentu yang disesuaikan dengan spesifik kemampuan yang diiliki siswa. Model pembelajaran uptitude treatment interaction mendorong agar hasil belajar siswa dapat optimal, hendaknya pembelajaran yang diberikan benar-benar sesuai dengan kemampuan peserta didik.

Oleh Snow ATI dikatakan sebagai strategi pembelajaran karena ATI memperhatikan dan memperlakukan siswa sesuai kemampuan yang dimilikinya, yaitu siswa berkampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah.

Kemudian menurut Cronbach (1996:249) dalam Syafruddin (2005: 37-38), ATI adalah "... as the study of uptitude treatment interaction approach (ATI), is the search for treatments that are tailored to individual difrences in uptitudes, that is, teratment that are optimally effective for student of difrence uptitude level".

Maksud dari Cronbach ATI adalah mencari teknik yang tepat sesuai perbedaan kemampuan siswa yang efektif untuk mengoptimalkan siswa sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuannya.

Halaman
12
Editor: Tohir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved