Breaking News:

Hari Pahlawan

Manifestasi Nasionalisme Hari Pahlawan, Dandim 0905: Mulai Cintai Budaya dan Produk Dalam Negeri

Hari pahlawan tahun ini diperingati dengan upacara di Taman Makam Pahlawan atau TMP Dharma Agung. Berlangsung sekira satu jam lamanya.

TRIBUNKALTIM.CO, DWI ARDIANTO
Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan jajaran Muspida Balikpapan menabur bunga di TMP Dharma Agung sebagai penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa pahlawan, Selasa (10/11/2020)  TRIBUNKALTIM.CO, DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Hari pahlawan tahun ini diperingati dengan upacara di Taman Makam Pahlawan atau TMP Dharma Agung. Berlangsung sekira satu jam lamanya.

Walikota Balikpapan, Rizal Effendi mengampu sebagai inspektur upacara.

Upacara tersebut dihadiri oleh segenap jajaran aparatur negara. Kodim 0905 Balikpapan, misalnya.

Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Gusti Putu Agung Sujarwana tampak turut menaburkan bunga ke sejumlah makam yang berada di TMP Dharma Agung.

Menanggapi peringatan hari pahlawan ini, ia menyebut bahwa kemerdekaan bangsa ini tidak didapat dengan mudah. Sebab mengorbankan banyak hal, baik materil pun immateril.

Baca juga: Kasus Sabu 1 Kg di Samarinda, Polisi Beberkan Pelaku akan Mendapat Hukuman Penjara Seumur Hidup

Baca juga: Santan Tengah Percontohan Binaan Kemenag RI, Tahun 2020 Terpilih Desa di Kukar dan Papua

Memperingati hari pahlawan, lanjut Kolonel Putu Agung, tidak semata berhenti pada batas upacara. Melainkan bagaimana memaknainya.

"Hari ini kita memperingati. Tentu sekarang kan bagaimana kita merefleksikan jiwa dan semangat kepahlawanan itu," tuturnya.

Perbedaan zaman bisa saja menggeser definisi. Seperti istilah pahlawan itu sendiri yang pada hari ini tidak serta merta mengangkat senjata seperti tokoh pahlawan di era kemerdekaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved