Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Kunjungi Peternakan Sapi Kampung Muhur, Gubernur Sebut Kutai Barat Cocok Jadi Sumber Energi Biogas

Gubernur Isran Noor saat berkunjung ke kelompok peternakan Banteng Perjuangan Kampung Muhur Kecamatan Siluq Ngurai

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB KUBAR
KOMPOR BIOGAS - Gubernur Kaltim Isran Noor sempat membuat telur ceplok saat berkunjung ke kelompok peternakan Banteng Perjuangan Kampung Muhur Kecamatan Siluq Ngurai. Kompor itu berbahan biogas yang didapat dengan memanfaatan kotoran sapi yang ada di sekitar peternakan (mini ranch). 

SENDAWAR- Indonesia terkenal dengan sumber energi yang berlimpah. Termasuk Kabupaten Kutai Barat yang kaya akan hasil hutan dan tambang, serta cadangan energi untuk kebutuhan rumah tangga. Namun kekayaan alam termasuk minyak bumi lambat-laun akan berkurang bahkan habis.

Gubernur Isran Noor saat berkunjung ke kelompok peternakan Banteng Perjuangan Kampung Muhur Kecamatan Siluq Ngurai menjelaskan, pemanfaatan kotoran sapi untuk biogas sangat cocok dikembangkan di Kubar.

“Sudah saatnya masyarakat beralih menggunakan energi alternatif terbarukan yang relatif mudah dan murah, memanfaatkan kotoran sapi sebagai sumber energi biogas. Ini merupakan bahan bakar yang murah dan ramah lingkungan,” ujar orang nomor satu di Kaltim ini.

Saat kunjungan tersebut Gubernur diberi kesempatan menggoreng telur ayam dan menyalakan lampu yang menggunakan energi biogas.

Pemanfaatan kotoran sapi sebagai sumber energi biogas, menurutnya, diyakini memiliki prospek yang sangat tinggi untuk dikembangkan karena sangat mudah prosesnya, tidak membutuhkan biaya besar dan manfaat yang dihasilkannya sangatlah besar.

Biogas tersebut bisa dipergunakan untuk menyuplai kebutuhan energi rumah tangga dan lingkungan sekitarnya seperti untuk penerangan, memasak/kompor, dan pemanas air.(adv/hms36/naw)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved