Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

PT Pelindo IV Digeledah Kejari Balikpapan, Terungkap Jadi Pemegang Saham PT KKT

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Balikpapan merupakan salah satu perusahaan yang digeledah,  oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH
General Manager PT Pelindo IV Balikpapan, Iwan Sjarifuddin.TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV Balikpapan merupakan salah satu perusahaan yang digeledah,  oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Balikpapan terkait dugaan penyalahgunaan oleh PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) hari ini, Rabu (24/2/2021).

Rupanya disamping karena memiliki otoritas terhadap PT KKT, PT Pelindo IV Balikpapan sendiri merupakan pemegang saham di dalam penyediaan jasa PT KKT.

Diungkapkan oleh General Manager PT Pelindo IV Balikpapan, Iwan Sjarifuddin, bahwa kapasitas itu lah yang berujung pada pemeriksaan.

Baca juga: Akademisi Unmul Samarinda Pertanyakan Mantan Terpidana Korupsi jadi Dirut PT MGRM, Rolling tak Cukup

Baca juga: Tiga Motor Terbakar di Balikpapan, Pemilik Akui Sempat Melihat Terduga Pelaku di Depan Rumahnya

"Jadi kenapa Pelindo juga ditanya, karena pemegang sahamnya juga Pelindo. Kapasitas Pelindo inilah yang kemudian dimintai tanggapan atau keterangan gimanasih pengelolaan disana," jelas Iwan.

Menurut Iwan, tujuan Kejari mendatangi Kantor PT Pelindo IV Balikpapan sendiri didasari 2 hal, yakni pencocokan data dan pemeriksaan saksi.

"Mereka (Kejari Balikpapan), meminta untuk dokumen yang ada di KKT sana dicocokkan dengan punya kita. Kemudian kita copy. Itu dokumen dari tahun 2018," sambung Iwan.

Baca juga: Walikota Rizal Effendi Sebut Kasus Covid-19 di Balikpapan akan Melonjak, Angkanya Bisa 2 Kali Lipat

Baca juga: Mantan Bupati Kutim Ismunandar dan Ketua DPRD Encek Dicabut Hak Politiknya, Bayar Uang Pengganti

Mengenai dokumennya, terang Iwan, berupa dokumen fee yang disampaikan ke Manajemen Fee dan diserahkan ke PT Pelindo IV Balikpapan.

"Pihak KKT kan harus melakukan peninjauan ke Pelindo, kemudian ada juga pendapatan tetap ke provinsi. Jadi mencocokkan data yang ada disana dengan yang ada disini," tambah Iwan lagi.

Disinggung apakah ada yang diperiksa di PT Pelindo IV sendiri, Iwan menyebutkan ada dua orang. Yakni dirinya sendiri dan Direktur Utama.

Baca juga: Jelang Akhir Masa Jabatan, Walikota Rizal Effendi Lantik 3 Kepala OPD di Lingkup Pemkot Balikpapan

"Kalau dari Pelindo saya. Saya mewakili Pelindo, terus dari direktur utama karena beliau sebagai pemegang saham. Jadi 2 orang," pungkas Iwan pada awal media.

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah/Editor: Samir Paturusi

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved