Laka Laut di Teluk Balikpapan

Korban Kecelakaan Kapal MV Evrydiki, WNA Asal Ukraina dan Rusia, Kini Tinggal Tunggu Izin Imigrasi

Sebanyak 20 penumpang Kapal MV Evrydiki berwargakenegaraan asing yang mengalami kecelakaan laut di perairan Teluk Balikpapan berhasil dievakuasi oleh

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kelas I TPI Balikpapan, Verico Sandi mengatakan kondisi korban WNA kapal MV Evrydiki dalam keadaan sehat dan sedang menunggu proses izin keimigrasiannya. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Sebanyak 20 penumpang Kapal MV Evrydiki berwargakenegaraan asing yang mengalami kecelakaan laut di perairan Teluk Balikpapan berhasil dievakuasi oleh tim gabungan Basarnas Kaltimtara, Rabu (2/3/2021) sekitar pukul 10.50 WITA.

Usai melakukan evakuasi terhadap keseluruhan penumpang berikut motoris speedboat F. Rejeki, Kasi Ops Basarnas Kaltimtara, Octavianto menegaskan bahwa tidak akan ada lagi penambahan korban jiwa.

Sehingga operasi SAR penyelamatan kecelakaan laut speedboat ditutup secara otomatis. Sebab dari data riil di lapangan dengan data penumpang, sepenuhnya berhasil diselamatkan.

Baca juga: Waspada Gejala Varian Corona B117, Satgas Covid-19 Balikpapan Imbau Kenali Cirinya

Baca juga: Ledakan Terjadi di Perum GTS Samarinda, Satu Orang Menderita Luka Bakar

Evakuasinya sendiri dilakukan secara bertahap, di mana yang terakhir evakuasi terhadap 12 WNA.

Beruntung tahap akhir, berhasil mengevakuasi dengan selamat dan bisa melanjutkan proses berikutnya, utamanya mengenai administrasi.

Octa mengatakan bahwa urusan administrasi cenderung akan ditingkatkan, khususnya di bidang keimigrasian.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kelas I TPI Balikpapan, Verico Sandi menerima kedatangan sejumlah WNA tersebut dan kemudian melakukan pendataan.

Usai dilakukan pendalaman, diketahui bahwa kapal MV Evrydiki merupakan kapal berbendera Liberia yang memang hendak menuju Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

"Kesembilan korban Warga Negara Asing merupakan kru kapak MV Evrydiki berbendera Liberia yang menuju ke Pelabuhan Semayang untuk mengurus kepulangan ke negara asalnya dengan menggunakan pesawat udara," ucapnya.

WNA tersebut, papar Verico, terdiri 2 negara berbeda. Di mana 8 diantaranya merupakan warga negara Ukraina dan sisanya warga negara Rusia.

"Mereka semua dalam keadaan sehat dan telah berada di penginapan sambil menunggu proses izin keimigrasiannya," ucapnya disampaikan melalui rilis pers.

Baca juga: BREAKING NEWS Muswil KKSS Kaltim Belum Mulai, Beberapa Pendukung Berkerumun Saling Adu Argumen

Baca juga: Walikota Balikpapan Rizal Effendi Bakal Beri Sanksi kepada ASN yang Tidak Mau Divaksin Covid-19

Diberitakan sebelumnya, sebuah speedboat MV Eurydiki mengalami laka laut, Selasa (2/3/2021) sekitar pukul 22.20 WITA, di kawasan perairan Teluk Balikpapan.

Tak lama setelah kejadian, Basarnas Kaltimtara kemudian mengerahkan personel untuk melakukan pencarian terhadap korban dari kapal tersebut.

Kapal tersebut, ditumpangi oleh 23 orang. 20 orang di antaranya merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Irlandia dan sisanya merupakan motoris yang mengemudikan speedboat.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved