Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Bupati Kukar Edi Damansyah Dukung Pondok Pesantren Tingkatkan Kualitas SDM

Bupati Kukar atau Kutai Kartanegara Edi Damansyah sepakat dengan konsep yang dijalankan Pondok Pesantren Ilmu Al-Quran Miftahul Ulum,

TRIBUNKALTIM.CO, ARIS JONI
Bupati Kukar Edi Damansyah, TRIBUNKALTIM.CO, ARIS JONI 

TRIBUNKALTOM.CO, TENGGARONG - Bupati Kukar atau Kutai Kartanegara Edi Damansyah sepakat dengan konsep yang dijalankan Pondok Pesantren Ilmu Al-Quran Miftahul Ulum,

Sumber Daya Manusia (SDM) disiapkan terlebih dahulu, sebelum mengembangkan bangunan dan sarana prasarananya.

"Saya cermati perangkat dan prasarana pekerjaannya dilakukan lillahita'alla, basicnya masih swadaya," ujarnya.

"Artinya niatnya yang didahulukan bahwa apapun yang dikerjakan kalau ada niatnya pasti ada jalan yang didapat dari berbagai pihak untuk membangun," ungkap Edi dalam rilis prokom setkab Kukar.

Baca juga: Lantik Pengurus API Kutai Kartanegara Periode 2021-2026, Inilah Harapan Bupati Kukar Edi Damansyah

Baca juga: Bupati dan Wabup Kukar Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua, Edi Damansyah: Pagi Tadi Belum Sarapan

Dengan adanya gotong royong, kata Edi, pihak dermawan yang ikut memberikan kontribusinya baik berupa hibah tanah dan bantuan material lainnya, merupakan suatu hal perubahan yang terjadi di Kukar.

"Ini bukanlah suatu yang mudah bagaimana kita mengubah pola pikir yang dulu setiap pembuatan rumah ibadah harus bersandar dulu dengan dana hibah dari Pemkab baru ada kegiatan membangun dan kadang sudah diberi hibah pembangunannya pun belum dimulai, ada juga yang masjidnya belum juga jadi," katanya. Sabtu, (13/3/2021).

Bupati menyampaikan apresiasinya kepada ponpes telah melakukan kegiatan pembangunan melalui swadaya.

Baca juga: Bupati Kukar Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Pegadang Pasar, Edi Damansyah Apresiasi Antusiasnya Tinggi

"Kekuatan umat jika dikelola dengan baik penuh tanggung jawab, pasti tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan dengan baik, dasarnya adalah Betulungan Etam Bisa, hanya bagaimana cara mengelolanya itulah yang terpenting," ucap Edi.

Pemkab Kukar memiliki beberapa program khusus mengenai penguatan keagamaan, seperti program gerakan etam mengaji yang didalamnya terdapat program pembuatan 50 rumah ibadah yang merupakan program penyelesaian pembangunan rumah ibadah yang belum rampung di Kukar.

Baca juga: Bupati Kukar Edi Damansyah Minta Jajarannya Jalankan Program tanpa Bergantung pada APBD

"Silahkan untuk panitia menyiapkan administrasinya agar masjid ini bisa disuport pembangunannya," kata Edi.

Dia berharap apa yang sudah dilakukan oleh ustad dan ustadzah di Ponpes Miftahul Ulum bisa terus bersinergi dengan pola pembinaan. Hal tersebut seiring dengan adanya kerja sama yang dilakukan Pemkab Kukar dengan Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran dan Institute Ilmu Al-Quran agar menyiapkan santri berprestasi untuk meneruskan pendidikannya.  

"Mohon doa dan dukungannya agar program yang telah kita susun termasuk bantuan 100 juta ke Ponpes yang masih finalisasi untuk dimasukan kedalam RPJMD Kabupaten Kukar agar bisa terlaksana dengan baik," harapnya.(*)

Penulis: Aris Joni | Editor: Mathias Masan Ola

Penulis: Aris Joni
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved