Breaking News:

Berita Penajam Terkini

Pasokan Air Bersih di Penajam Paser Utara Cukup Banyak, Wabup Hamdam: Tinggal Optimalkan

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam, menyebutkan bahwa ketersediaan air bersih cukup memadai.

TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI
Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam, menyebutkan bahwa ketersediaan air bersih cukup memadai.

"kita sebenarnya ketersediaan air baku tidak ada masalah, karena kantong-kantong kita cukup banyak, tinggal optimalkan saja melalui pengelolaan-pengeolaan air yang mungkin bisa diperbanyak lagi," kata Hamdan, Minggu (11/4/2021).

Ditambah, kata Hamdam, khusunya di Penajam Paser Utara sendiri pengelola air bersih melalui Perumda Air Minum Danum Taka telah mengoperasikan pipa air 200 liter perdetik, hak itu tentunya sudah dapat memenuhi kebutuha air bersih di Benua Taka sebutan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Baca juga: Songsong Ibu Kota Baru, GPMB Dibentuk di Penajam Paser Utara, Tingkatkan Minat Membaca

Baca juga: Pemkab Penajam Paser Utara Buka Pendaftaran Beasiswa Bagi Pelajar dan Mahasiswa, Sedia Rp 3 Miliar

Namun, dikatakan orang nomer dua di Penajam Paser Utara, dibeberapa tempat khususnya yang memang berlokasi jauh dari Kecamatan Penajam.

Yakni ibu kota Penajam Paser Utara, terkait dengan ketersediaan air telah dibantu oleh pemerinta provinsi melalui program Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) untuk menjangkau wilayah-wilayah hingga kepedesaan.

"Dari provinsi juga ada program Pamsimas itu udah ada beberapa yang beroperasi di beberapa desa," ujarnya.

Baca juga: Atlit Biliar Asal Penajam Paser Utara, M. Iqbal Rizky Persiapkan Diri untuk Porprov 2022 di Berau

Baca juga: Semua Desa di Kabupaten Penajam Paser Utara Jadi Relawan SDGs Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Disinggung terkait dengan persiapan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) yang baru untuk ketersediaan air bersih, Hamdam mengatakan masih tersebutr oleh persoalan pendistribusian untuk menyuplai ke wilayah IKN.

"Namu demikian karena terbentur persoalan pendistribusian untuk di supplay ke wilayah IKN tentu perlu biaya yang sangat besar karena harus membangun jaringan distribusi yang panjang dan tentunya pasti menggunakan tekhnologi tekhnologi tambahan," ungkapnya.

Kendati demikian, pemerintah pusat telah membangun bendungan Sepaku Semoi, yang nantinya dapat menjadi penunjang kebutuhan air bersih di Ibu Kota Negara uang baru.

Kawasan Babulu akan Dialiri Air Bersih

Halaman
123
Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved