Breaking News:

Berita Bulungan Terkini

Realisasi APBD Kaltara Baru Capai 9 Persen, BPKAD Sebut Semester Satu Memang Lamban

Selama Januari hingga Maret 2021, realisasi belanja APBD di Kaltara mencapai 9 persen atau baru Rp 214 miliar dari total anggaran senilai Rp 2,3 trili

TRIBUNKALTIM.CO/AMIRUDDIN
Plt Kepala BKAD Kaltara, Denny Harianto mengatakan, angka realisasi belanja daerah cukup lamban, baik di Kaltara maupun secara nasional. TRIBUNKALTARA.COM/AMIRUDDIN 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR- Selama Januari hingga Maret 2021, realisasi belanja APBD di Kaltara mencapai 9 persen atau baru Rp 214 miliar dari total anggaran senilai Rp 2,3 triliun.

Jauhnya angka realisasi ini diakui Pelaksana Ketua Badan Keuangan dan Aset Daerah atau BKAD Kaltara, Denny Harianto saat ditemui di Gedung Gadis, Tanjung Selor, Selasa (13/4/2021).

Menurutnya, dalam semester pertama, angka realisasi belanja daerah cukup lamban, baik di Kaltara maupun secara nasional.

Baca juga: Cegah Stunting di Bulungan, Bupati Syarwani Tekankan pada Kerja Kolektif Antar Instansi

Baca juga: Tak Berikan Izin Pasar Ramadhan di Lapangan Ahmad Yani, Bupati Bulungan: Jangan Salah Persepsi

Ia mengatakan, angka realisasi akan semakin meningkat ketika memasuki semester kedua.

"Rata-rata di Indonesia kalau di Triwulan 1 dan 2 memang masih lamban, saya rasa nasional juga seperti itu juga," ujar Plt Kepala BKAD Kaltara, Denny Harianto.

Dari Rp 214 miliar belanja yang terealisasi, terbanyak dihabiskan untuk belanja pegawai, pembayaran gaji dan tunjangan, yakni senilai Rp 121 miliar, disusul belanja barang dan jasa lalu belanja modal.

"Kalau 9 persen masih di belanja pegawai terkait pembayaran gaji dan tunjangan, karena itu rutin," katanya.

"Berikutnya baru belanja barang jasa, lalu barang modal, terkait belanja ini semester pertama memang lamban, baru di semester kedua mulai Juli baru lebih cepat," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Maulana Ilhami Fawdi
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved