Breaking News:

Berita DPRD Kalimatan Timur

Komisi I RDP dengan Koperasi Unit Desa Bahas Pinjaman Rp 7 M Pengurus Lama KUD Bumi Melan Subur

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pengurus baru Koperasi Unit Desa (KUD) Bumi Melan

Editor: Sumarsono
DOK/DPRD Kaltim
Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pengurus baru Koperasi Unit Desa (KUD) Bumi Melan Subur, Senin (12/4) lalu.

Agenda RDP tersebut yakni membahas pinjaman oleh pengurus lama koperasi tanpa sepengetahuan anggotanya, dengan menggunakan jaminan sertifikat milik anggota.

Persoalan tersebut mencuat pada 2019 silam. Di mana pihak koperasi dalam melakukan pinjaman bekerja sama dengan PT GSS, untuk mitra kerja sama perkebunan plasma kelapa sawit.

Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin mengatakan, ada dugaan penyelewengan pinjaman koperasi berdasarkan laporan yang diterimanya.

Di mana, setelah pinjaman pertama selesai dicairkan dari Bank Mandiri Cabang Sangatta, dialihkan selanjutnya ke  pinjaman ke dua sebesar Rp 7 miliar pada BNI Cabang Bontang.

Padahal jika pinjaman hendak diteruskan, seharusnya ada persetujuan dari pihak koperasi. Terlebih pinjaman tersebut juga dilakukan tanpa melewati rapat pengurus.

"Ada 103 pemilik sertifikat serta-merta dialihkan ke BNI Cabang Bontang tanpa persetujuan pemilik sertifikat. Lalu cair pinjaman itu, jadi ini ada ranah korupsinya," ujar Jahidin.

Padahal menurutnya, BNI yang merupakan BUMN tidak bisa serta-merta mencairkan pinjaman, tanpa adanya persetujuan dari pihak terkait.

Politisi Fraksi PKB ini menyebutkan, pembahasan tersebut bakal diagendakan kembali dalam RDP lanjutan.

"Kalau memang ada penyimpangan akan disidik langsung. Karena sejumlah anggota belum pernah menikmati hasil koperasi," tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved