Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

5 Calon Jemaah Haji Nunukan di Malaysia akan Tertunda Berangkat Haji karena Alasan Ini

Kementerian Agama (Kemenag) Nunukan menyampaikan 5 calon jemaah haji Nunukan di Malaysia berpotensi untuk menunda keberangkatan haji tahun ini.

TRIBUNKALTARA.COM/FEBRIANUS FELIS
Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, Sayid Abdullah mengemukakan pihaknya sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis kedua untuk 107 calon jemaah haji di Nunukan. TRIBUNKALTARA.COM/FEBRIANUS FELIS 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN- Kementerian Agama (Kemenag) Nunukan menyampaikan 5 calon jemaah haji Nunukan di Malaysia berpotensi untuk menunda keberangkatan haji tahun ini.

Menurut Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh, Kemenag Nunukan, Sayid Abdullah, hari ini pihaknya sudah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis kedua untuk 107 calon jemaah haji di Nunukan.

Namun, dari 113 calon jemaah haji yang digadang-gadang akan melakukan perjalanan tahun 2021 ini, 5 orang di antaranya berpotensi tertunda keberangkatannya.

"Calon jemaah haji Nunukan yang berdomisili di Malaysia itu ada 5 orang. Tiga di antaranya berada di Kota Kinabalu, dan dua orang lagi berada di Tawau saat ini. Dari 5 orang itu, 1 di antaranya laki-laki dan 4 lainnya perempuan.

Lansia 3 orang, dua lagi usianya di bawah 60 tahun. Nah, mereka belum ikut vaksinasi sampai sekarang. Itu kendalanya," kata Sayid Abdullah kepada TribunKaltara.com, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Menag RI Sebut Kepastian Keberangkatan Calon Jamaah Haji Tahun Ini Menunggu Pemerintah Arab Saudi

"Dari 5 calon itu ada satu orang telah mengikuti vaksinasi dosis satu. Namun, pada saat vaksinasi dosis II di Sebatik, beliau (calon jemaah haji) tidak bisa datang karena Malaysia lagi lockdown," ucapnya.

Sayid menuturkan, jika 5 calon jamaah haji tersebut memiliki niat untuk berangkat haji tahun ini, maka harus melakukan vaksinasi secara mandiri di Malaysia.

"Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan yang cukup ketat. Syarat masuk ke wilayah Arab Saudi selain vaksinasi meningitis juga vaksinasi Covid-19. Kami intens berkomunikasi dengan mereka di Malaysia. Mereka sempat katakan, kalau syarat haji adalah vaksinasi, mereka siap menunda keberangkatan haji tahun depan," ujarnya.

Sayid mengaku, tahun ini calon jamaah haji yang berdomisili di Malaysia terbilang menurun.

Halaman
12
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved