Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh Evaluasi Realisasi Penyerapan APBD

Bonifasius optimistis, dengan semangat yang tinggi semua mampu melaksanakannya sesuai dengan rencana perjanjian yang sudah disusun.

TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIAWAN
Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) Evaluasi Realisasi Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Triwulan I yang berlangsung di ruang rapat Bappelitbangda, Jumat (30/04/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Evaluasi dan monitoring penyerapan dan realisasi APBD penting dilakukan, untuk melihat sejauhmana pencapaian kinerja dan realisasi program di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD), Badan dan Bagian di lingkungan Pemkab Mahulu pada triwulan I.

Demikian disampaikan Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, saat memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) Evaluasi Realisasi Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Triwulan I yang berlangsung di ruang rapat Bappelitbangda, Jumat (30/04/2021).

Rapim digelar juga sebagai tindaklanjut dari hasil kunjungan kerja Bupati ke Kementerian dan DPR RI beberapa waktu lalu.

Turut hadiri Wakil Bupati Yohanes Avun, Sekretaris Daerah Stephanus Madang, Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas (Asisten I) Dodit Agus Riyono, dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kantor, Badan dan Bagian di lingkungan Pemkab Mahulu.

"Di sini kita membahas berbagai program kerja, juga persoalan pada pekerjaan. Diharapkan jalannya pemerintah ini bisa menghasilkan sesuatu sesuai dengan target yang ditetapkan. Untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat kita itu tujuan utamanya," kata Bupati.

Baca juga: Bupati Mahulu Temui Komisi I DPR RI, Perjuangkan Telekomunikasi dan Perhubungan di Perbatasan

Lebih lanjut disampaikannya, agar dapat memaksimalkan penyerapan dan pelaksanaan APBD, dibutuhkan koordinasi intens seluruh stakeholder dalam penyampaian kendala maupun masalah yang dihadapi.

"Koordinasi harus intens, agar program dan perencanaan bisa segera dilakukan dan persiapkan dokumen lelang dan sebagainya. Kalau ada masalah segera koordinasikan dengan BPKAD, Sekda dengan kami. Semakin cepat program yang disiapkan ini dapat dilaksanakan, akan berpengaruh pada penyerapan anggaran," kata Bupati.

Baca juga: Pemkab Mahulu Dukung Kebijakan Larangan Mudik, Tunggu Keputusan dari Pemprov Kaltim

Bonifasius optimistis, dengan semangat yang tinggi semua mampu melaksanakannya sesuai dengan rencana perjanjian yang sudah disusun.

"Tentunya dengan berpayung hukum dengan aturan-aturan yang sudah ada. Sehingga semua dapat berjalan dengan lancar dan terlaksana dengan baik," tambahnya.

Baca juga: Mahulu Kekurangan Dokter, Bupati Teken MoU dengan Universitas Brawijaya, Ini Permintaannya

Pada kesempatan yang sama, Wabup Yohanes Avun menjelaskan, rapat evaluasi pelaksanaan APBD merupakan agenda rutin untuk mengevaluasi kinerja serapan anggaran Pemkab Mahulu tiap triwulan.

"Pada dasarnya evaluasi pelaksanaan anggaran untuk mengetahui informasi terkini penyerapan anggaran di tahun 2021. Apa saja hal-hal atau kendala dalam pelaksanaan anggaran menjadi perhatian ke depannya. Supaya kita bisa jalannya baik," kata Wabup. (advertorial/hms11/2/naw)

Penulis: Febriawan
Editor: Syaiful Syafar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved