Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Raih Omzet Ratusan Juta Rupiah, Bisnis Tempe di Balikpapan Jadi Sarana Kebebasan Finansial

Mampu hasilkan juta rupiah setiap hari, bisnis tempe ciptakan peluang kerja dan kebebasan finansial.

Penulis: Bella Evanglista | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/BELLA EVANGLISTA
Raih omzet jutaan rupiah, bisnis Tempe H.B buka peluang kerja dan jadi sarana kebebasan finansial, Senin (10/5/21).TRIBUNKALTIM.CO/BELLA EVANGLISTA 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Mampu hasilkan juta rupiah setiap hari, bisnis tempe ciptakan peluang kerja dan kebebasan finansial.

Kata tempe berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu Tumpi yang berarti makanan yang berwarna putih. Dikembangkan pertama kali di Jawa sebelum abad ke-16, tempe sendiri merupakan panganan fermentasi dari kedelai hitam.

Saat ini, tempe begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia hingga memiliki banyak variasi mulai dari tempe Jogja, tempe Banyumas, tempe Malang, hingga tempe Pekalongan, Senin (10/5/21).

Baca Juga: Memulai Bisnis di Usia 47 Tahun, Ferry Hendra Tuai Sukses Karena Hobi Anak

Di Balikpapan sendiri, terdapat satu rumah produksi tempe yang bisa menjual hingga ribuan batang tempe setiap hari dan menjadi lahan kerja bagi sebagian masyarakat di daerah tersebut.

Musthafa Kamil Jaza adalah pria dibalik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ini.

Memulai bisnisnya sejak tahun 2006 lalu, pria yang awalnya memiliki rumah makan yang kemudian gulung tikar tersebut, kini memiliki 12 orang karyawan dan dapat menghasilkan ribuan batang tempe dalam satu kali produksi.

Pria asal Sukabumi ini pertama kali memulai bisnisnya di Babulu, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Dari hanya memproduksi beberapa batang tempe setiap hari, bisnis tersebut berkembang hingga ia mampu menggunakan 80 kilogram kedelai dalam satu kali produksi.

"Sebelumnya semua proses saya tangani sendiri, mulai dari produksi hingga berjualan keliling dengan menggunakan motor," kenang Musthafa.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved