Breaking News:

Opini

Tidak Mudik, Silaturahmi Lebaran Bisa Lewat Virtual

Pemerintah melalui Satgas Nasional Penanganan Covid-19 melarang masyarakat mudik lebaran, 6 hingga 17 Mei 2021.

Editor: Adhinata Kusuma
TRIBUNKALTIM.CO/SITI ZUBAIDAH
Ilustrasi berkumpul bersama menggunakan aplikasi zoom . 

Oleh: Sumarsono
Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Timur

Sumarsono Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Timur.TRIBUNKALTIM.CO/HO
Sumarsono Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalimantan Timur.TRIBUNKALTIM.CO/HO (TRIBUNKALTIM.CO/HO)

LEBARAN atau Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah merupakan momen yang ditunggu-tunggu umat Muslim di dunia, termasuk Indonesia.

Hari kemenangan bagi umat Muslim setelah sebulan penuh menjalankan puasa tidak lengkap rasanya tanpa silaturahmi langsung bersama keluarga, saudara, tetangga sahabat atau teman sejawat.

Tak jarang momen Lebaran dimanfaatkan menjadi ajang kumpul keluarga besar, temu teman lama (reunion) hingga berwisata bersama.

Tradisi inilah yang membuat para perantau atau orang yang bekerja di kota-kota besar atau luar daerah berusaha mudik setiap lebaran dalam kondisi apapun.

Bahkan, mereka yang sudah bekerja mencari nafkah selama setahun rela sebagaian besar hasilnya untuk biaya mudik. Rela berdesak-desakan di bus atau kereta api dan antre berjam-jam untuk bisa pulang kampung.

Namun, tradisi mudik yang sudah dinanti-nanti masyarakat perantau terpaksa harus ditunda.

Pemerintah melalui Satgas Nasional Penanganan Covid-19 melarang masyarakat mudik lebaran, 6 hingga 17 Mei 2021. Dan pengetatan aturan bagi pelaku perjalanan sudah berlaku sejak 2 Mei dan berakhir 24 Mei 2021.

Pengetatan berlaku bagi seluruh masyarakat yang menempuh perjalanan udara, laut, maupun darat. Ketentuan mengenai pengetatan perjalanan ini tertuang dalam Adendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 selama Ramadan 1442 H.

Kebijakan larangan mudik ini merupakan langkap Pemerintah untuk menekan penyebaran Virus Corona (Covid-19) ke daerah. Hanya dengan kebijakan larangan mudik, penyebaran Covid-19 ini bisa dihindari.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved