Breaking News:

Lebaran Idul Fitri 2021

Lebaran Idul Fitri 2021, Volume Sampah di Penajam Paser Utara Meningkat dari Biasanya

Seiring dengan perayaan Idulfitri 1442 Hijriah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah mencatat terjadi peningkatan.

Penulis: Dian Mulia Sari | Editor: Budi Susilo
HO/DLH PPU
Situasi sampah saat libur lebaran 2021 di Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (18/5/2021). 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Seiring dengan perayaan Idulfitri 1442 Hijriah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur, telah mencatat terjadi peningkatan volume sampah dari biasanya.

Demikian dibeberkan oleh Kepala DLH Kabupaten Penajam Paser Utara, Tita Deritayati kepada Tribunkaltim.co.

Dia menjelaskan, pascahari raya idul Fitri pihaknya mengerahkan seluruh personelnya untuk membersihkan jalan dan mengangkut sampah.

"Selain daripasa itu juga dari DLH juga setiap tahun mengantisipasi pada saat hari lebaran dengan pengambilan sampah 2 kali dalam sehari dilokasi TPS (tempat pembuangan sampah, read) yang padat penduduknya," kata Tita, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/4/2021).

Baca Juga: Lebaran Idul Fitri 2021, Warga Nunukan Diminta Tahan Sampah Non Organik Selama 2 Hari di Rumah

Dijelaskan Tita, sebelum lebaran, DLH Penajam Paser Utara mencatat, total sampah terhitung sejak 10 Mei sampai 11 Mei 2021 mencapai 50 ribu kilogram.

Sementara saat lebaran pada 12 Mei sampai dengan 13 Mei 2021 mencapai 61,5 ribu kilogram.

Tita berharap, kepada seluruh masyarakat agar dapat berperan aktif serta peduli untuk membuang sampah pada titik-titik lokasi TPS yang telah disediakan di setiap wilayah masing-masing.

"Kemudian sampahnya itu dikemas dengan rapi dan dibuang di wadahnya bukan di luar, karena banyak yang buang di luar wadahnya," harap Tita.

Hasil sampah rumah tangga.
Hasil sampah rumah tangga. (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO)

Sementara itu saat ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini hanya memiliki 14 truk namun 8 unit yang aktiv untuk mengangkut sampah di empat kecamatan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved