Breaking News:

Berita Kutim Terkini

Polres Kutai Timur Sosialisasikan Mobile ETLE, Berlaku Mulai 1 Juni 2021

Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) tengah menggencarkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah daerah.

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO, RENATA ANDINI
Kasatlantas Polres Kutim, AKP Wulyadi. TRIBUNKALTIM.CO, RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas Polri) tengah menggencarkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di sejumlah daerah.

Kabupaten Kutai Timur menjadi salah satu daerah yang menerapkan tilang menggunakan kamera bergerak ini per Selasa (1/6/2021) mendatang.

Kasatlantas Polres Kutim, AKP Wulyadi mengatakan bahwa pelaksanaan pengawasan dilakukan dengan menggunakan kamera yang terpasang di kendaraan dan helm Polisi Lalu Lintas (Polantas).

"Kendaraan dan helm petugas dipasangi perangkat kamera yang merekam video untuk menjadi bukti tilang," ujarnya, Minggu (30/5/2021).

Baca juga: Awal Juni ETLE Mobile di Kukar Diterapkan, Ini Lokasi dan Sasaran Pelanggarannya

Penilangan menggunakan sistem eletronik diyakini mampu menekan tindakan penyelewenagn terhadap petugas saat melakukan penegakan hukum.

Terdapat 6 jenis pelanggaran lalu lintas yang akan ditindak oleh tilang elektronik, yakni di antaranya parkir tidak pada tempatnya, melawan arus jalan, dan tidak menggunakan helm.

Selain itu, melanggar lampu lalu lintas, kondisi kendaraan tidak layak jalan, dan tidak menggunakan sabuk pengaman juga akan mendapatkan penilangan.

Baca juga: Zona Zero Tolerance Sepanjang Tepian Mahakam untuk Penerapan ETLE Mobile, Cek Kategori Pelanggaran

"6 jenis pelanggaran yang akan ditindak oleh petugas dalam pelaksanaan ETLE. Jika melangar, nanti pengendara akan mendapat pemberitahuan pelanggaran lalu konfirmasi ke Makolantas" ucapnya.

Dalam penerapan ETLE, Polres Kutim menetapkan kawasan Jalan JendraL Sudirman tepatnya simpang tiga Telkom, hingga Jalan Dr. Sutomo Sangatta Baru sebagai kawasan Zona Zero Tolerance.

Tidak akan ada toleransi bagi pengguna jalan yang melanggar ketentuan lalu lintas di kawasan tersebut.

Berita tentang Kutai Timur

Penulis: Syifa'ul Mirfaqo | Editor: Mathias Masan Ola

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved