Breaking News:

Uniba Balikpapan Teken Kerja Sama Internasional dengan BAC Lieu University Vietnam

Universitas Balikpapan (Uniba) menyadari hal itu, sehingga terus berupaya memperluas kerja sama yang tak hanya secara regional ataupun nasional

HO
Webinar dengan tema “Pentingnya Kolaborasi Internasional Terhadap Pengembangan Universitas” yang digelar Universitas Balikpapan, Rabu (2/6/2021). Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU secara virtual. 

TRIBUNKALTIM.CO – Perkembangan zaman yang disertai kemajuan teknologi kini semakin pesat.

Begitupun tuntutan peningkatan kualitas sumber daya manusia agar dapat diandalkan pada masa depan, juga semakin dibutuhkan.

Oleh karenanya, perguruan tinggi sebagai fasilitator yang menjadi tempat bagi para mahasiswa dan generasi selanjutnya untuk menyiapkan diri, dituntut pula untuk meningkatkan mutu dan memperluas jangkauannya.

Sementara dalam pengembangan institusi pendidikan tinggi, tentunya tidak dapat dilakukan sepenuhnya secara mandiri.

Perlu adanya kerja sama dan kolaborasi antara perguruan tinggi dengan berbagai pihak sebagai mitra guna meningkatkan kualitas dan bertukar pengalaman.

Universitas Balikpapan (Uniba) menyadari hal itu, sehingga terus berupaya memperluas kerja sama yang tak hanya secara regional ataupun nasional, namun juga berkolaborasi dengan perguruan tinggi luar negeri.

Baca juga: Akreditasi jadi Standar Mutu, Universitas Balikpapan Gelar Webinar Bersama Direktur Eksekutif BAN-PT

Pada Rabu (2/6/2021), Uniba mengadakan webinar dengan tema “Pentingnya Kolaborasi Internasional Terhadap Pengembangan Universitas”.

Kegiatan tersebut juga disertai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan BAC Lieu University Vietnam.

Penandatangan MoU dilakukan secara virtual oleh Rektor Universitas Balikpapan Dr. Ir. Isradi Zainal, MT, MH, MM, DESS, IPU, ASEAN Eng., dan Presiden BAC Lieu University, Vietnam, Ass. Prof. Tu Diep Cong Thanh, Ph.D.

Kegiatan yang berlangsung mulai pukul 10.00 Wita tersebut dihadiri juga oleh Ketua Pembina Yapenti – DWK, Dr. Rendi Susiswo Ismail, S.E, S.H, M.H. dan Wakil Presiden Universiti Brunei Darussalam yang juga menjadi pemateri dalam webinar, Dr. Siew Yean Joyce TEO.

Dalam pemaparannya sebagai salah satu pemateri webinar, Rektor Uniba menjelaskan objektif dan beberapa poin bentuk kolaborasi antara Uniba dengan BAC Lieu University dari MoU yang telah disepakati.

Baca juga: 200-an Pengajar se-Kaltim Ikuti Webinar Universitas Balikpapan, Bahas Guru di Era Pandemi Covid-19

Kesepakatan tersebut bertujuan memajukan dan mengembangkan akademik, kultural dan kooperasi dalam penelitian yang berbasis kesetaraan dan keuntungan bersama.

“Beberapa bentuk kerja sama yang bisa dilakukan di antaranya program pertukaran staf institusi antara kedua belah pihak dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas institusi. Selain itu antara Uniba dan BAC Lieu University dapat menerima mahasiswa dari masing-masing perguruan tinggi untuk melakukan riset dan studi dalam jangka waktu tertentu, kemudian bekerja sama dalam penyelenggaraan simposium, konferensi, short course, dan pertemuan tentang riset dan publikasi ilmiah,” jelas Isradi.

Baca juga: Polda Kaltim dan Uniba Jalin Kerjasama, Junjung Prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi

Menurut Isradi, kolaborasi internasional antara perguruan tinggi sangat diperlukan untuk memotivasi universitas dalam mengembangkan kekuatan koneksi yang dapat membantu penelitian mahasiswa, memberikan mahasiswa keuntungan untuk memperluas pengalaman tentang tradisi dan budaya masyarakat dari negara lain, serta sebagai partner dalam melakukan program-program penelitian dan kegiatan akademik.

Rektor Uniba juga mengharapkan dari kerja sama yang terjalin antara Uniba dan BAC Lieu University dapat saling bertukar informasi dalam rangka mengembangkan pengajaran, mahasiswa dan penelitian yang membawa ke arah peningkatan kualitas masing-masing institusi perguruan tinggi. (m03)

Penulis: Hanifan Ma'ruf
Editor: Diah Anggraeni
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved