Breaking News:

Berita Kutim Terkini

Lestarikan Budaya Tradisional di Rantau Pulung, Ketua DPRD Kutim Bantu Alat Kesenian Kuda Lumping

Penyerahan dilakukan di Desa Mukti Jaya , Blok F, RT 14, kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur, pada Rabu (30/6/2021).

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO
Ketua DPRD Kutim Joni, S.Sos, bersama Dinas Kebudayaan Kutim melakukan serah terima alat Kesenian Tradisional Kuda Lumping di Desa Mukti Jaya Kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur, Rabu (30/6/2021). TRIBUNKALTIM.CO/SYIFA'UL MIRFAQO 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Peduli terhadap warisan budaya di Kecamatan Rantau Pulung, Ketua DPRD Kutim Joni salurkan bantuan kesenian.

Bantuan tersebut disalurkan melalui aspirasi dewan berupa alat kesenian kuda lumping kepada kelompok kesenian “Turunggo Binangun Jati Negara”.

Penyerahan dilakukan di Desa Mukti Jaya , Blok F, RT 14, kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur, pada Rabu (30/6/2021).

Joni melihat potensi kesenian kuda lumping di Kecamatan Rantau Pulung harus tetap dilestarikan sebagai bentuk warisan dari nenek moyang.

Baca juga: Ismunandar Minta Bubuhan Banjar Jangan Lupakan Kesenian Tradisional

“Kesenian kuda lumping ini harus dilestarikan, karena merupakan warisan budaya nenek moyang kita. Jadi harus kita jaga untuk kita wariskan ke anak cucu kita,“ ucapnya.

Politikus partai PPP tersebut mengajak generasi muda untuk memahami pentingnya seni dan budaya tradisional.

Sebab menurutnya, seni budaya adalah identitas masyarakat sebagai makhluk berbudi luhur yang menjunjung tinggi adat dan istiadat.

“Mari kita mendidik para generasi muda tentang pentingnya seni dan budaya tradisional Indonesia ini," ucapnya.

Baca juga: Kesenian Tradisional Masih Diminati

Terkhusus di Kecamatan Rantau Pulung sebagai daerah pemilihannya (Dapil), Kuda Lumping menjadi kesenian andalan sehingga mendapat perhatian khusus dari DPRD Kutim.

Sementara itu, dari pihak Dinas Kebudayaan Kutim Dedi, turut mengajak masyarakat kecamatan Rantau Pulung mari  berpartisipasi secara aktif membantu Pemerintah Daerah dalam mengembangkan kesenian tradisional dan kebudayaan daerah.

“Agar semua kebudayaan etnis tradisional yang ada di kabupaten Kutai Tmur ini bisa terjaga dan dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya.

Berita tentang Kutim

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved