Breaking News:

Virus Corona di Berau

Pemberlakuan Jam Malam di Berau, Bupati Berau Harap UMKM Bisa Manfaatkan Medsos Jual Dagangannya

Bupati Berau, Sri Juniarsih mengajak pada pelaku UMKM untuk memanfaatkan media sosial dalam menperdagangkan usahanya.

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Bupati Berau saat mensosialisasikan pembatasan jam malam kepada pelaku UMKM, Senin (5/7/2021).TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG REDEB- Peningkatan kasus positif yang kembali tidak terbendung, membuat Bupati Berau, Sri Juniarsih mengajak pada pelaku UMKM untuk memanfaatkan media sosial dalam menperdagangkan usahanya.

Skema tersebut terpaksa pihaknya lakukan agar mencegah terjadinya pengumpulan massa yang berlebih.

Sehingga, perlu inovasi dari para pelaku UMKM agar tetap berjualan namun tidak mengumpulkan massa.

“Saya pahami ada aturan yang kurang diterima untuk saat ini, tapi jangan mudah menyerah, kita sama-sama berjuang,” jelasnya kepada awak media, Senin (5/6/2021).

Baca juga: Komisi I DPRD Prihatin Tak Ada Fasilitas Cuci Darah di Berau, Desak Pemkab untuk Pertimbangkan

Dia menjelaskan untuk di Berau, total UMKM sekiranya mencapai sekitar 14 ribu, namun dengan situasi saat ini jelas sangat terimbas.

Terlebih adanya pemberlakuan jam malam hingga pukul 21.00 wita.

Maka dari itu, Sri Juniarsih berharap agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan media sosial untuk berdagang.

Sementara Pemkab Berau selalu mendukung masyarakat yang mandiri secara ekonomi, mulai dari pelatihan, permodalan, perizinan dan lain sebagainya.

“Saya rasa ini akan kembali kepada masyarakat sendiri, mau atau tidak memanfaatkan sumber daya alam yang ada dan memanfaatkan dukungan dari Pemkab Berau,” ungkapnya.

Sri Juniarsih, merasa bangga jika melihat masyarakat maju secara ekonomi mandiri, mengingat tidak mungkin masyarakat terus menerus bergantung kepada sektor pertambangan batu bara maupun sumber daya alam yang akan habis pada masanya.

“Jangan terlalu berharap pada sektor batu bara, banyak sektor yang bisa dikembangkan, maka dari itu, saya berharap, agar masyarakat bisa lebih kreatif, terutama pada masa sulit ini, kita bersama-sama untuk berjuang,” tegasnya.

Baca juga: Ketua Dekranasda Berau Minta Para Pengrajin Batik Gabung dengan Koperasi

Terpisah, Plt Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, Salim menegaskan, pihaknya siap mendukung bagi para masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya.

Bahkan, dia menyetujui usulan bupati untuk memasarkan dagangan melalui media sosial.

“Saya mengharapkan kepada para pelaku UMKM agar bisa memanfaatkan media sosial yang ada dengan sebaik-baiknya, salah satunya adalah untuk promosi hasil karya wirausaha mandiri, agar hasil produksi industri rumahan semakin dikenal masyarakat secara luas,” pungkasnya. (*)

Berita tentang Virus Corona

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved