Bantuan Sosial

BLT UMKM Rp 1,2 Juta Ditargetkan Cair Akhir Juli 2021, Ada 3 Juta Penerima Baru BPUM

BLT UMKM Rp 1,2 juta ditargetkan cair akhir Juli 2021. Ada 3 juta penerima baru BPUM, cek penerima BLT UMKM di eform BRI

Instagram kemenkopukm
Ilustrasi cek penerima BLT UMKM. Kabar gembira bagi pelaku UMKM, bantuan langsung tunai atau yang dikenal sebagai BLT UMKM ditargetkan bakal segera dicairkan hingga akhir Juli 2021 ini. Ada 3 juta penerima baru BPUM 

TRIBUNKALTIM.CO - Kabar gembira bagi pelaku UMKM, Bantuan Langsung Tunai atau yang dikenal sebagai BLT UMKM ditargetkan bakal segera dicairkan hingga akhir Juli 2021 ini

Berdasarkan informasi dari Kementerian Koperasi dan UKM, Bantuan Langsung Tunai atau BLT UMKM ini bakal mulai cair akhir Juli 2021.

Selain itu, terkait dengan BLT UMKM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro ( BPUM ) ini, Kementerian Keuangan telah mengalokasikan dana di kuartal III tahun 2021.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Pemerintah telah mengalokasikan dana sekitar Rp 3,6 triliun untuk penyaluran BPUM di kuartal III 2021.

Dan ada peruntukkan bagi penerima baru BPUM atau BLT UMKM.

Seperti dikutip TribunKaltim.co dari kontan.co.id, Sri Mulyani mengatakan, "Anggaran itu bisa mengalir ke 3 juta peserta baru BPUM dengan target pencairan bantuan Rp 1,2 juta per peserta, yang cair pada Juli-September 2021.

Disampaikan Sri Mulyani dalam konferensi pers, Sabtu (17/7/2021), "Saat ini, bulan Juli-September, kami minta kepada Kemenkop UKM masih ada anggaran Rp 3,6 triliun yang bisa diberikan kepada 3 juta peserta baru."

Ia menambahkan, "Kami harap datanya lebih baik dan targetnya lebih."

Baca juga: Jadwal Pencairan BLT UMKM Juli 2021 dan Cara Cek Penerima BPUM Rp 1, 2 Juta

Sri Mulyani yang akrab disapa Ani ini berharap, pencairan BPUM pada masa PPKM darurat ini dapat membantu warga meningkatkan modal usaha saat situasi tengah sulit-sulitnya.

Sementara itu, hingga saat ini, realisasi BPUM yang sudah tersalur sebesar Rp 11,76 triliun kepada 9,8 juta penerima.

Dengan alokasi tambahan Rp 3,6 triliun, BPUM yang bakal tersalur sepanjang 2021 adalah Rp 15,36 triliun kepada 12,8 juta usaha mikro.

"Sebesar Rp 1,2 juta bantuan cash kepada usaha kecil yang biasanya berguna bagi usaha kecil untuk bahan jualan.

Jadi, target total 12,8 juta usaha mikro dengan total anggaran Rp 15,36 triliun.

Kita berharap alokasi Rp 3,6 triliun bisa tersalurkan saat kita menghadapi PPKM," beber Sri Mulyani.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved