Breaking News:

Virus Corona di Berau

Pasien Positif Covid-19 Membludak di Berau, Khawatir Pasokan Oksigen Tak Cukup

Dokter Spesialis Paru RSUD dr Abdul Rivai, Robert Christian Naiborhu, mengakui saat ini sudah tidak ada ruangan yang kosong sehingga tidak memungkinka

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Ilustrasi Bupati Berau Sri Juniarsih memeriksa pasokan oksigen di Kabupaten Berau belum lama ini. Pasien positif covid-19 membludak, dikhawatirkan pasokan oksigen di RSUD dr Abdul Rivai tidak cukup. TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Dokter Spesialis Paru RSUD dr Abdul Rivai Berau, Robert Christian Naiborhu, mengakui saat ini sudah tidak ada ruangan yang kosong sehingga tidak memungkinkan untuk menampung pasien tambahan yang membutuhkan bantuan oksigen.

“Sudah tidak ada lagi slot oksigen sentral yang kosong. Semua sudah digunakan sama pasien,” ujarnya kepada TribunKaltim.co, Rabu (21/7/2021) kemarin.

Robert menjelaskan, stok oksigen di rumah sakit masih sanggup untuk disalurkan ke pasien, namun terkendala dengan nozzle yang menyalurkan dari tabung ke Non Rebreathing oxygen face mask (NRM) tidak ada.

Selain itu, dengan membludaknya jumlah pasien dengan gejala berat, membuat pihaknya harus menyediakan sekira 12 tabung untuk satu pasien per hari.

“Kami khawatir, si penyedia tabung oksigen tidak sanggup memenuhi kebutuhan RSUD sekarang,” bebernya.

Baca juga: Kasus Covid-19 di Berau Melonjak, RSUD Abdul Rivai akan Tambah Ruang Isolasi

Robert menuturkan, mayoritas pasien saat ini membutuhkan suplai oksigen sekira 15 liter per menit.

Sedangkan, untuk ukuran tabung yang digunakan pihaknya hanya terisi sekira 900 hingga 1.000 liter.

“Dan itu akan habis tidak sampai satu jam,” tuturnya.

Robert mengemukakan dalam satu hari ada 5 pasien yang bertambah dengan gejala berat, maka RSUD harus menyediakan 60 tabung.

“Sebenarnya kami punya stok sekira 200 tabung. Tapi, untuk memindahkan tabung itu ke dalam ruangan juga sangat menyulitkan,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved