Breaking News:

Virus Corona di Malinau

Dinkes Malinau Kirim 7 Spesimen, Diprediksi 60 Persen Covid-19 Varian Delta

Kepala Dinas Kesehatan P2KB Malinau, dr. John Felix Rundupadang, menjelaskan, ada tujuh spesimen asal Kabupaten Malinau

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIANUS FELIS
Ilustrasi warga di Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara ikuti vaksinasi Covid-19. Dari hasil uji WSG Banlitbangkes RI, dari 7 spesimen asal Malinau, satu di antaranya telah diperiksa dan dinyatakan sebagai Virus Corona varian Delta. 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Kepala Dinas Kesehatan P2KB Malinau, dr. John Felix Rundupadang, menjelaskan, ada tujuh spesimen asal Kabupaten Malinau yang dikirim pihaknya.

Dari hasil uji WSG Banlitbangkes RI, dari 7 spesimen asal Malinau, satu di antaranya telah diperiksa dan dinyatakan sebagai Virus Corona varian Delta.

"Dari Malinau ada 7 spesimen, 1 sudah keluar hasilnya. Totalnya ada 32 spesimen dari kabupaten kota Kaltara. Baru 12 diperiksa dan 8 dinyatakan varian Delta," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Kamis (22/7/2021).

Dinas Kesehatan P2KB Malinau masih menunggu hasil pemeriksaan WGS untuk 6 spesimen asal Malinau.

Baca juga: Pasien di Malinau Jalani Isolasi Mandiri 14 Hari, Meminta Kejelasan soal Tes PCR Ulang

Hasil periksaan tersebut nantinya dijadikan pedoman Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau untuk memetakan Covid-19 varian Delta.

"Baru 12 spesimen dari Kaltara yang sudah diperiksa Litbangkes RI. Karena jumlahnya ada 32, artinya masih ada 20 lagi menunggu pemeriksaan. Kita masih tunggu 6 lagi untuk spesimen asal Malinau," katanya.

Satu spesimen asal Malinau yang dinyatakan virus Corona varian Delta tersebut merupakan sampel pasien konfirmasi Covid-19 asal Kecamatan Malinau Kota.

Spesimen diambil sebulan lalu, tepatnya sebelum 20 Juni 2021 lalu.

Baca juga: Ada Penambahan 78 Kasus Aktif Covid-19 di Malinau, Satgas Perketat Pintu Masuk

Temuan Dinas Kesehatan P2KB Malinau, tak ada kondisi pasien yang memburuk dan kontak eratnya.

Berdasarkan gejala dan hasil penelusuran pihaknya, John Felix Rundupadang memperkirakan 60 persen kasus Covid-19 di Malinau merupakan varian Delta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved