Breaking News:

Virus Corona di Berau

Pencairan BSU di Berau Tunggu SK Menteri, Hanya Kategori Terdampak yang Menerima

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Berau, Bunyamin Najmi mengatakan, BSU untuk karyawan di daerah yang menerapkan PPKM level 3 dan PPKM level 4,

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Mathias Masan Ola
HO/Dede Anugrah
Ilustrasi Pekerja sektor pariwisata masuk kategori terdampak dan mendapatkan BSU dari pemerintah pusat. (HO/Dede Anugrah) 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) di Berau, menunggu surat keputusan (SK) dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker).

Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Berau, Bunyamin Najmi mengatakan, BSU untuk karyawan di daerah yang menerapkan PPKM level 3 dan PPKM level 4, dengan gaji Rp 3,5 juta ke bawah.

Diketahui, Kabupaten Berau saat ini menerapkan PPKM Level 4.

“Jumlah bantuan sebesar Rp 1 juta. Data pekerja yang mendapatkan BSU itu diambil dari BPJS Ketenagakerjaan. Tinggal menunggu surat resmi dari kementerian saja,” ungkapnya, Jumat (30/7/2021).

Akan tetapi, pemberian BSU kali ini, berbeda dengan BSU sebelumnya. Pasalnya, tahun ini tidak semua karyawan yang berpenghasilan Rp 3,5 juta ke bawah menerima BSU tersebut.

Baca juga: LANGSUNG CEK REKENING! Bantuan Subsidi Upah Rp 1 juta Segera Cair, Lihat Kriteria Penerima BSU 2021

Hanya karyawan yang bekerja di perusahaan terdampak PPKM saja yang berhak menerima BSU.

“Seperti yang bekerja di sektor pariwisata, transportasi umum, hotel, dan restoran. Itu kan sektor yang terdampak PPKM,” terangnya.

Sementara, bagi karyawan yang bekerja di perusahaan yang dinilai tidak terdampak PPKM, seperti sektor pertambangan batu bara, maupun sektor perkebunan, tidak termasuk dalam bantuan BSU. Meskipun gajinya di bawah Rp 3,5 juta, tetap tidak mendapatkan BSU.

Selain itu, sektor yang sudah menerima bantuan dari pemerintah pusat, seperti sektor kesehatan dan pendidikan, juga tidak mendapatkan BSU lagi.

“Namun untuk kepastian, masih menunggu surat keputusan menteri terkait. Berbeda dengan BSU sebelumnya. semua karyawan yang gajinya di bawah Rp 3,5 juta dapat. Sekarang, hanya yang terdampak saja, untuk tidak terdampak tidak akan mendapatkan bantuan BSU,” terangnya.

Baca juga: Kriteria Penerima BSU atau BLT Pekerja, Daftar Kota PPKM Level 4 dengan UMK di Bawah Rp 3,5 Juta

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved