Berita Kukar Terkini

Dandim 0906/Tgr Optimistis Keberlanjutan Pengembangan Pangan di Tanjung Batu Kukar Terus Terjaga

Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling optimistis keberlanjutan Desa Tanjung Batu, Tenggarong Seberang sebagai Desa Mandiri akan terus eksis.

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Dandim 0906/Tgr, Letkol Inf Charles Alling. Ia mengaku optimistis keberlanjutan Desa Tanjung Batu, Tenggarong Seberang sebagai Desa Mandiri akan terus eksis. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Dandim 0906/Tgr Letkol Inf Charles Alling optimistis keberlanjutan Desa Tanjung Batu, Tenggarong Seberang sebagai Desa Mandiri akan terus eksis.

"Kami (Kodim 0906 Kukar) bersama Pemkab Kukar, Polres Kukar dan dunia usaha, serta masyarakat akan berupaya terus berkolaborasi menjaga keberlangsungan Desa Mandiri ini, sehingga desa ini akan terus eksis dan terjaga," ujarnya dalam rilis Prokom Setkab Kukar.

Hal tersebut merupakan komitmen kami sesuai yang disampaikan Bupati Kukar Edi Damansyah.

Sehingga peresmian Desa Mandiri tidak hanya ajang seremonial saja, namun harus tetap konsisten agar tujuan membentuk Desa Mandiri benar-benar dirasakan masyarakat. 

Ia menjelaskan, jika terus menggali potensi yang ada di Desa Tanjung Batu, maka akan terus bertambah potensi yang bisa dikembangkan dalam menopang kemandirian desa.

Baca juga: Ditetapkan sebagai Desa Mandiri, Desa Tanjung Batu di Kukar Jadi Kawasan Cadangan Pangan Nasional

Demikian juga dengan desa-desa lainnya di Kukar, yang pastinya memiliki potensi sesuai karakteristik wilayahnya masing-masing. 

"Terutama di bidang ketahanan pangan. Sebagaimana merujuk pada kebijakan dan visi misi Bupati Kukar saat ini, yakni meningkatkan ketahanan pangan yang sudah ditetapkan dalam Desa Mandiri ini, terlebih dalam menghadapi pandemi ini,” ucap Letkol Inf Charles Alling. 

Dandim 0906/Tgr berpesan kepada masyarakat Tanjung Batu, baik yang memiliki aset lahan maupun yang tidak punya untuk betul-betul tahu dan paham apa yang dikerjakan di kawasan ini, sehingga bisa dijadikan sarana pembelajaran dan bisa diterapkan di wilayah lain

“Konsep Desa Mandiri yang dikembangkan di Desa Tanjung Batu terkait pangan yaitu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, pencegahan peredaran narkoba, sampai dengan sistem pengamanan wilayah dengan melibatkan berbagai stakeholders. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved