Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Sukses Kibarkan Merah Putih, Paskibra Mahulu Resmi Dibubarkan

Setelah menyelesaikan seluruh tugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI dan penuruan bendera pada 17 Agustus 2021

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh menerima bendera merah putih saat menjadi inspektur upcara penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa (17/08) sore. 

TRIBUNKALTIM.CO - Setelah menyelesaikan seluruh tugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI dan penurunan bendera pada 17 Agustus 2021, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) secara resmi dibubarkan.

Pembubaran paskibra dilakukan oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH., M.E.  yang juga didampingi Sekda Mahulu Dr. Stephanus Madang, S.Sos., MM; Ketua DWP Mahulu Marite Devung, Asisten Pemerintahan dan Humas Ir. H. Dodit A. Riyono, MP; Asisten Bidang Ekonomi, Sosial Pembangunan E. Tek Hen Yohanes, S.Pd.; Kapolsek Long Bagun AKP Purwanto, dan Danramil Long Bagun Lettu Inf I Wayan S di tribun utama Lapangan Ujoh Bilang, Selasa (17/8/2021) sore.

Baca juga: Jadi Irup Upacara Penurunan Bendera Merah-Putih, Bupati Mengenakan Lavung dan Rompi Dayak

Bupati menyampaikan apresiasi kepada semua tim yang tergabung dalam menyukseskan pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Kabupaten Mahulu.

"Atas nama pribadi dan Pemkab Mahulu, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pembina, pelatih, tim medis, dan teristimewa kepada saudara-saudara pasukan pengibar bendera, yang telah melaksanakan tugas pengibaran dan penurunan bendera pada upacara Proklamasi HUT ke-76 RI dengan baik dan sukses," ungkapnya.

Bupati menambahkan, keseluruhan keberhasilan rangkaian pengibaran dan penurunan bendera, merupakan kerja keras dan kerja sama yang solid.

"Terlebih dalam situasi pandemi ini, kita mengambil langkah yang berani untuk meneruskan perjuangan para pahlawan kita secara simbolik, untuk selalu mempertahankan kemerdekaan kita. Dan secara filosofis, tugas yang saudara emban bukanlah suatu tugas yang ringan. Jika dahulu pahlawan berjuang melawan penjajahan, saat ini kita juga sedang berjuang dalam melawan pandemi Covid-19," katanya.

Sementara dalam laporan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) yang dibacakan oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Gazali Rahman, S.Sos. menyatakan bahwa seleksi keanggotaan Paskibra Kabupaten Mahulu diawali dari penyaringan di sekolah-sekolah setara SMA pada Maret 2021.

Namun, karena mengikuti prokes pada masa pandemi maka yang dipilih hanya 6 orang saja.

"Yang terdiri dari tiga putra dan tiga putri yang akan mengemban tugas, untuk mengibarkan bendera merah putih pada 17 Agustus 2021 di Kabupaten Mahulu," ungkapnya.

Baca juga: Petugas dan Peserta Upacara Swab Antigen, Mahulu Terapkan Prokes Jelang Upacara HUT Kemerdekaan

Setelah seleksi, pelatihan dilakukan oleh anggota Koramil 03 Long Bagun yang terpusat di gedung SMAN 1 Long Bagun selama 25 hari lebih.

"Kami juga tidak henti-hentinya bersyukur karena walaupun di tengah keterbatasan menghadapi pandemi Covid-19, seluruh rangkaian pengibaran bendera merah putih berjalan lancar. Mulai dari pemusatan pelatihan, pengukuhan, detik-detik pengibaran dan penurunan, semua berjalan dengan baik. Semua berkat kerja keras kita dan dukungan penuh dari Pemkab Mahulu," tandasnya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved